STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI ROTAN DALAM MENINGKATKAN USAHA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA BALAGEDOG KECAMATAN SINDANGWANGI KABUPATEN MAJALENGKA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

DHEA AZZAH NAZIHAH, (2023) STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI ROTAN DALAM MENINGKATKAN USAHA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA BALAGEDOG KECAMATAN SINDANGWANGI KABUPATEN MAJALENGKA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekomomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908202135_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202135_2_bab1.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202135_6_bab5.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202135_7_dafpus.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Dhea Azzah Nazihah. NIM 1908202135 “STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI ROTAN DALAM MENINGKATKAN USAHA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA BALAGEDOG KECAMATAN SINDANGWANGI KABUPATEN MAJALENGKA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH”, 2023 Home industri merupakan wadah bagi sebagian besar masyarakat yang mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan memberikan andil besar serta menduduki peran strategis dalam pembangunan ekonomi di desa Balagedog. Dalam mengembangkan suatu produk home industri, salah satunya dibarengi dengan strategi-strategi yang dapat mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Salah satu strategi yang sering digunakan ialah strategi pemasaran. Keselarasan antara hukum ekonomi syariah dengan peningkatan usaha dan kesejahteraan masyarakat di desa Balagedog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Home Industri Rotan Dalam Meningkatkan Usaha Dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Balagedog Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan dua jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Terdapat dua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang didapat secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari Home Industri Rotan di Desa Balagedog, dan sumber data sekunder berasal dari literatur dan dokumentasi seperti buku-buku, jurnal dan lainnya. Kemudian dianalisis dengan metode dekriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi pemasaran home industri rotan marketing mix atau bauran pemasaran, yang meliputi strategi pada Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place) dan strategi Promosi (Promotion). 2) Efektivitas strategi pemasaran terhadap peningkatan usaha home industri rotan di Desa Balagedog sendiri cukup efektif. Dilihat dari bertambahnya pesanan yang diterima oleh home industri. Selain itu juga dari jumlah karyawan yang bekerja dihome industri terus bertambah seiring banyaknya permintaan. Hal tersebut juga berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 3) Berdasarkan pandangan hukum ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh home industri rotan di desa Balagedog, dilakukan dengan baik dan sejalan dengan syariat islam. Mulai dari produk, penentuan harga, sistem distribusi dan promosi sehingga hal tersebut mampu memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:35
Last Modified: 23 Aug 2023 07:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item