FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USAHA HOME INDUSTRI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS USAHA KRIPIK TEMPE DI DESA PADAMATANG KECAMATAN PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN)

Kukuh Budi Luhung, (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USAHA HOME INDUSTRI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS USAHA KRIPIK TEMPE DI DESA PADAMATANG KECAMATAN PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img]
Preview
Text
1908203083_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203083_2_bab1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203083_6_bab5.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203083_7_dafpus.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

KUKUH BUDI LUHUNG. NIM 1908203083. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USAHA HOME INDUSTRI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS USAHA KRIPIK TEMPE DI DESA PADAMATANG KECAMATAN PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN).” Home Industri dapat diartikan sebagai rumah usaha produk barang atau perusahaan kecil, karena kegiatan produksinya di pusatkan di rumah, meskipun skalanya tidak terlalu besar namun secara tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan, usaha home industri mempunyai peranan penting diantaranya: Meningkatkan penyerapan tenaga kerja, Meningkatkan pendapatan produsen, Meningkatkan ketrampilan produsen, serta mendapatkan nilai tambah maupun kualitas hasil dan sebagainya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Usaha Home Industri Kripik Tempe di Desa Padamatang Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Untuk mengetahui bagaimana analisis SWOT terhadap Usaha Home Industri Kripik Tempe, Untuk mengetahui cara mengatasi Faktor-faktor yang mempengaruhi Usaha Home Industri Kripik Tempe menurut Perspektif Ekonomi Islam. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang diupayakan untuk mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek tertentu. Dalam penelitian ini peneliti akan menganalisis “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Usaha Home Industri Menurut Perspektif Islam”. Langsung pada pelaku Home Industri tersebut dengan cara melakukan observasi dan wawancara sehingga peneliti akan mendapatkan informasi yang lengkap. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Home Industri Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Usaha Home Industri Kripik Tempe terdapat faktor yang mempengaruhi usaha yaitu: Faktor Modal dan Pemasaran. Analisis Swot terhadap Usaha Home Industri merupakan suatu teknik perencanaan strategi sebuah perusahaan yang bermanfaat untuk mengevaluasi, diantaranya yaitu: Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity), Ancaman (Threat). Analisa ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan Kekuatan dan Peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan Kelemahan dan Ancaman. Peran Modal dan Pemasaran dalam Perpektif Ekonomi Islam. Fathonah dalam mengembangkan modal usaha sangatlah membantu karena berkat sifat Fathonah seorang pengusaha yang cerdas dan kreatif dapat mengembangkan modal tersebut dengan maksimal sehingga mendapatkan keuntungan. Amanah dalam Pemasaran, Amanah merupakan sifat yang utama setelah kejujuran yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya, karena sifat Amanah berperan penting dalam kelangsungan usaha yang dijalankan. Kata kunci: Home Industri, Analisis Swot, Perspektif Ekonomi Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:47
Last Modified: 01 Sep 2023 02:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11825

Actions (login required)

View Item View Item