Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan UMKM Menggunakan Pinjaman Online Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Jamblang)

PUTRI AYU SALMAH, (2023) Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan UMKM Menggunakan Pinjaman Online Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Jamblang). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203100_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203100_2_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203100_6_bab5.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203100_7_dafpus.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

PUTRI AYU SALMAH. NIM: 1908203100, “PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN UMKM MENGGUNAKAN PINJAMAN ONLINE DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Jamblang)” Perkembangan teknologi di industri keuangan saat ini memberikan banyak inovasiinovasi baru, salah satu inovasi teknologi berbasis fintech yang dimanfaatkan adalah pinjaman online. Pinjaman online merupakan layanan keuangan yang dapat membantu memberikan pinjaman untuk usaha masyarakat yang membutuhkan dananya sebagai modal usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi kemudahan dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan UMKM menggunakan pinjaman online dengan minat sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM di Kecamatan Jamblang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dan simple random sampling. Sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis). Data yang diperoleh diuji menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Persepsi Kemudahan secara parsial berpengaruh terhadap minat menggunakan Pinjaman Online sebesar 0,253, Kepercayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan Pinjaman Online sebesar 0,828, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Minat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menggunakan Pinjaman Online dengan masing-masing nilai sebesar 0,042, 0,215 dan 0,525. Minat mampu memediasi hubungan antara Persepsi Kemudahan, Kepercayaan terhadap Keputusan Menggunakan Pinjaman Online karena hubungan tidak langsung lebih besar dari hubungan langsung yaitu sebesar 0,132 > 0,042 dan 0,434 > 0,215. Kata kunci: Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keputusan Menggunakan Pinjaman Online, dan Minat UMKM

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:15
Last Modified: 15 Jan 2024 04:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12411

Actions (login required)

View Item View Item