PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN KEMITRAAN USAHA KREATIF BATIK (Studi Kasus Industri Yuswa Batik Tegalan di Kota Tegal)

Susilahwati, (2023) PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN KEMITRAAN USAHA KREATIF BATIK (Studi Kasus Industri Yuswa Batik Tegalan di Kota Tegal). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203028_1_cover.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203028_2_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203028_6_bab5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203028_7_dafpus.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

SUSILAHWATI. NIM : 1908203028, “PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN KEMITRAAN USAHA KREATIF BATIK (Studi Kasus Industri Yuswa Batik Tegalan di Kota Tegal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan perbankan syariah dalam mengembangkan usaha YUSWA Batik Tegalan. Selanjutnya, penelitian ini juga untuk mengetahui strategi pengembangan usaha YUSWA Batik Tegalan. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian yang menggunakan metode kualitatif, dimana sumber data utama adalah primer yang diperoleh melalaui dengan cara interview (wawancara) atau observasi langsung ke lapangan. Adapun data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari dokumentasi, kepustakaan yang bersumber dari buku, surat kabar, jurnal dan internet. Kemudian dari data-data yang dikumpulkan selanjutnya direduksi, dianalisis, lalu dibuat suatu kesimpulan sebagai hasil penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa peran perbankan syariah dalam mengembangkan usaha YUSWA Batik Tegalan di kota Tegal sangatlah berperan sangat penting, diantara lain : memberikan permodalan kepada usaha YUSWA Batik melalui pembiayaan yang ada di Bank Syariah, kemudian mengembangkan melalui kerjasama dengan pihak terikat untuk memperluas pemasaran yang baru. Kemudian juga hasil dari analisis SWOT berdasarkan perhitungan matriks internal dan eksternal maka hasil yang dapat adalah menggunakan strategi strenght opportunities (SO) dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dengan memperhatikan peluang pasar. Strategi ini perlu ditunjang dengan upaya peningkatan SDM, penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Kata Kunci : Peran Perbankan Syariah, Pengembangan Usaha Kreatif Batik

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:50
Last Modified: 15 Jan 2024 06:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12420

Actions (login required)

View Item View Item