Strategi Pengembangan UMKM Toko Baju Di Pantai Batukaras Pangandaran Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakan

FITRI WULANDARI, (2023) Strategi Pengembangan UMKM Toko Baju Di Pantai Batukaras Pangandaran Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakan. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204094_1_cover.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204094_2_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204094_6_bab5.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204094_7_dafpus.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

FITRI WULANDARI, NIM : 1908204094 STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM TOKO BAJU DI PANTAI BATUKARAS PANGANDARAN BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT Usaha Mikro Kecil Menengah ekonomi kreatif pada usaha toko baju pantai ini mampu memperbaiki perekonomian masyarakat dengan berbekal pengalaman dan kreativitas, serta dapat mengembangkan lapangan pekerjaan. Masyarakat di kawasan pantai Batukaras sebagian besar memiliki usaha baju pantai, bisa dikatakan pendapatan masyarakat hampir mayoritas berdagang, untuk penghasilannya tergantung dari bagaimana mengembangkan usahanya tetapi dengan adanya isu-isu tentang tsunami, gelombang tinggi, tiket mahal dan BBM meningkat menyebabkan pengunjung wisata berkurang sehingga dapat berpengaruh terhadap pendapatan warga Batukaras Pangandaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah berbasis ekonomi kreatif di Pantai Batukaras, untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah berbasis ekonomi kreatif usaha toko baju di pantai Batukaras dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan untuk mengetahui faktor penghambat pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat khusunya bagi pemilik dan karyawan toko baju. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat kualitatif jenis studi kasus dan menggunakan teknik penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan teknis analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman menggunakan empat alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari strategi yang digunakan mengembangkan usaha yaitu mengandalkan strategi pengembangan produk ide-ide kreatif seperti membuat baju pantai dengan bermacam�macam jenis dan selalu mengubah model baju setiap musimnya sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen atau pengunjung wisata baik buat di pakai maupun di jadikan oleh-oleh. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendapatan bagi pemilik dan karyawan toko baju meningkat. Sementara itu faktor penghambat dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah dan pendapatan masyarakat khususnya bagi pemilik dan karyawan toko baju yaitu pemasaran, operasi, pengalaman dengan kreativitas, keahlian kerja, dan modal yang digunakan. Namun hambatan tersebut mampu dihindari dengan mengandalkan strategi yaitu dengan menjual baju di sosial media, menghilangkan isu-isu tentang adanya tsunami,gelombang tinggi melalui media sosial, meningkatkan kualitas produk dengan memperhatikan model, jahitan dan bahan. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah, Ekonomi Kreatif, Peningkatan Pendapatan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:47
Last Modified: 16 Jan 2024 02:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12442

Actions (login required)

View Item View Item