Pengaruh Penerapan Strategi Simulasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Terhadap Motivasi Dan (Quasi-Exsperimental (2017-2018)

Hendi Muhammad Zayyin Ashiddiq, (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Simulasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Terhadap Motivasi Dan (Quasi-Exsperimental (2017-2018). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAPUS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan pembelajaran melalui strategi simulasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 5 KuninganTahun 2017/2018, (2) Menganalisis pengaruh strategi pembelajaran simulasi terhadap motivasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 5 Kuningan Tahun 2017/2018, (3) Menganalisis pengaruh strategi pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 5 Kuningan Tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimental Postes only Control Group Design. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive ditetapkan sebanyak 63 orang yaitu 1 guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan 63 siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kuningan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (penilaian), kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan mannova. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran melalui penggunaan strategi simulasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam telah dilaksanakan sesuai dengan konsep dan sintaks pembelajaran simulasi yang meliputi 4 tahapan yaitu orientasi, latihan, proses dimulai, serta pemantapan dan debriefing pada materi Masa keemasan ilmu pengetahuan Islam dengan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,5%, (2) Penerapan strategi simulasi pada pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berpengaruh meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dibuktikan dengan uji statistik beda reratanya dihasilkan nilai probabilitas (p-value) 0,000 < 0,05, (3) Penerapan strategi simulasi pada pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berpengaruh meningkatkan hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan uji statistik beda reratanya dihasilkan nilai probabilitas (p-value) 0,000 < 0,05

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:04
Last Modified: 06 Feb 2024 03:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12611

Actions (login required)

View Item View Item