Lilis Lisdayanti, (2024) Dampak Kebijakan Kepala Sekolah dalam Strategi Pemasaran Pendidikan Terhadap Peningkatan Peserta Didik di MI PUI Kuningan. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
|
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (789kB) | Preview |
Abstract
LILIS LISDAYANTI : Dampak Kebijakan Kepala Sekolah dalam Strategi Pemasaran Pendidikan Terhadap Peningkatan Peserta Didik di MI PUI Kuningan Kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki peran dan kebijakan pendidikan untuk keberhasilan sebuah lembaga pendidikan, salah satu kebijakan adalah promosi pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan peserta didik. Tujuan pemasaran yaitu memaksimalkan kepuasan konsumen dan sekolah akan selalu ada eksistensinya. Dengan adanya beberapa bentuk pemasaran pendidikan diharapkan dapat mengukur keberhasilan strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk (1) menjelasksan Kebijakan kepala sekolah tentang strategi pemasaran pendidikan dalam peningkatan jumlah peserta didik di MI PUI Kuningan, (2) Menjelasksan pelaksanaan kebijakan kepala sekolah tentang strategi pemasaran pendidikan dalam perkembangan peningkatan jumlah peserta didik MI PUI Kuningan, (3) menjelasksan dampak kebijakan kepala sekolah dalam strategi pemasaran pendidikan terhadap peningkatan peserta didik di MI PUI Kuningan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, adapun kunci informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, 3 Guru yang telah senior, staf tata usaha, dan orang tua peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan observasi yang bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, faktual, akurat mengenai fakta dan sifat serta hubungan antara phenomena yang diselidiki. Kesimpulan penelitian ini adalah kebijakan kepala sekolah tentang strategi pemasaran pendidikan dalam peningkatan jumlah peserta didik di MI PUI Kuningan dengan strategi target pasar, posisi kompetiting, dan strategi campuran atau marketing mix 7 P adalah product, price, place, promotion, people, physical evidence, process. Pelaksanaannya kebijakan kepala sekolah dalam perkembangan peningkatan jumlah peserta didik yaitu penyusunan perencanaan pemasaran dalam menetapkan jumlah target peserta didik, target wilayah untuk pemasaran, strategi promosi, perencanaan penerimaan peserta didik. pengorganisasian pemasaran dengan membentuk kepanitiaan PPDB. Proses pelakssanaan yaitu masa orientasi, pengelompokan kelas, pengendalian dan kontrol oleh kepala sekolah pengacu pada strategi perencanaan. Dampak dilakukan adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan membuat pelayanan excelen terhadap pelanggan, adanya dukungan dan kerjasama dari mitra, dan adanya komitmen loyalitas dari masyarakat khususnya orang tua peserta didik yang menjadi pelanggan setia. Kata Kunci : Kebijakan Kepala Sekolah, Pemasaran Pendidikan, Peningkatan Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 07:51 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 07:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12762 |
Actions (login required)
View Item |