Peran Islamic Hypno Parenting Melalui Metode Deep Talk Terhadap Perkembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak (Studi Kasus Pada Orang Tua yang Menggunakan Islamic Hypno Parenting di Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes)

Ta'ti Mamlakah, (2023) Peran Islamic Hypno Parenting Melalui Metode Deep Talk Terhadap Perkembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak (Studi Kasus Pada Orang Tua yang Menggunakan Islamic Hypno Parenting di Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (510kB)

Abstract

Pola asuh orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak, akan tetapi pola asuh yang salah akan berdampak negatif dalam perkembangan anak dan begitu pula sebaliknya. Anak-anak usia dini biasanya tidak dapat mengontrol emosinya, dia akan mudah marah, menangis, keras kepala, berteriak, bahkan kadang melakukan kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penerapan islamic hypno parenting melalui metode deep talk pada anak usia dini di Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, 2) Perkembangan kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini di Desa Sitanggal, 3) Dampak islamic hypno parenting melalui metode deep talk terhadap perkembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini di Desa Sitanggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat hasil : 1) Islamic hypno parenting dapat di terapkan pada anak usia dini di Desa Sitanggal melalui metode deep talk, dengan cara memberikan sugesti berupa kisah, cerita, dan perkataan yang diulang, setelahnya orang tua akan memberikan deep talk berupa pertanyaan yang terkait dengan kisah, cerita, dan ungkapan. 2) Perkembangan kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini di Desa Sitanggal di pengaruhi oleh pola asuh dari orang tua dan lingkungan, kecerdasan sosial emosional dapat dikembangan melalui interaksi orang tua dan anak, serta pembiasaan yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. 3) Terdapat beberapa dampak dari penerapan islamic hypno parenting melalui metode deep talk, yaitu meningkatkan perkembangan emosional anak, menumbuhkan empati, menguatkan nilai-nilai agama Islam, mempererat hubungan orang tua dan anak, serta keterbukaan antara orang tua dan anak. Kata Kunci : Islamic hypno parenting, deep talk, kecerdasan sosial emosional

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 May 2024 03:53
Last Modified: 02 May 2024 03:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item View Item