Siti Maria Agustina, (2023) Pelaksanaan metode pembelajaran Mind Mapterhadappendidikan agama islam (PAI) inklusif- multikultural di kelas XI ipa di SMA Negeri 1 Pasawahan. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (480kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (251kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (311kB) |
Abstract
Siti Maria Agustina 20086030027, Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Mind Map terhadapPendidikan Agama Islam (PAI) Inklusif- Multikultural di Kelas XI ipa di SMA Negeri 1 Pasawahan 2023. Pembelajaran pendidikan agama islam yang dilakukan di SMA Negeri 1 Pasawahan menunjukkan bahwa pendidikan agama islam dan inklusif-multikultural masih ada yang rendah, salah satunya sebab oleh proses pembelajaran cenderunng menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, perlu penerapan strategi pembelajaran yang berpengaruh pada Pendidikan Agama Islam dan inklusif-multikultural. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran, scramble atau peta pikiran adalah metode mencatat kreatif yang dapat memudahkan kita dalam mengingat banyak luas dan mengembangkan imajinasinya secara optimal sehingga mampu menghasilkan ide-ide baru, pendidikan agama islam yakni keseluruhan daya atau dorongan penggerak yang berasal dari dalam diri siswa maupun yang berasal dari luar diri siswa untuk menimbulkan kegiatan-kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh kesimpulan tentang pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran mind map terhadap pendidikan agama islam inklusif- multikultural, untuk memperoleh kesimpulan tentang pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran mind map. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini menggunakan metodologi kuantitatif. Penulis mengadakan survey lapangan, mengadakan audiensi dengan narasumber melalui proses interview untuk mndapatkan informasi akurat. Selanjutnya penulis mengolah data dan informasi yang diperoleh, serta dituangkan dalam bentuk karya ilmiah. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran Mind mapterhadapPendidikan Agama Islam (PAI) inklusif-multikultural karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan strategi Mind map, siswa selalu menghasilkan gagasan, jawaban atau pertanyaan yang bervariasi, siswa dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda, dan siswa mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik. Pelaksanaan strategi pembelajaran Mind map terhadapPendidikan Agama Islam (PAI) inklusif- multikultural di kelas XI ipa di SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan. Kata Kunci: Siswa, Mind map, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 02 May 2024 04:08 |
Last Modified: | 02 May 2024 04:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13052 |
Actions (login required)
View Item |