Agnes Tasya Puspita Dewi, (2024) Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan (Trust) dan Sharia Compliance terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Pada Anggota Majelis Taklim di Desa Mekarjaya). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008203148_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008203148_2_bab1.pdf Download (233kB) |
|
Text
2008203148_6_bab5.pdf Download (227kB) |
|
Text
2008203148_7_dafpus.pdf Download (169kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dalam menggunakan produk bank syariah. Saat ini masih banyak masyarakat, khususnya Anggota Majelis Taklim yang kurang berminat dalam menggunakan bank syariah, dikarenakan kurangnya pengetahuan, kepercayaan serta ragu terhadap keabsahan hukum yang digunakan oleh bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh antara variabel pengetahuan, kepercayaan (trust) dan sharia compliance terhadap minat menggunakan produk bank syariah pada Anggota Majelis Taklim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian lapangan (field research) dan studi kasus (case study). Populasi pada penelitian ini adalah anggota Majelis Taklim Desa Mekarjaya. Yang berlokasi di Desa Mekarjaya dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi ( ). Proses pengujian tersebut dibantu dengan menggunakan IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 48%. Variabel kepercayaan (trust) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 30%. Variabel sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 2%. Variabel pengetahuan produk, kepercayaan (trust) dan sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 79%. Artinya bahwa pemahaman yang baik tentang produk dan prinsip-prinsip bank syariah, serta kepercayaan terhadap kemampuan bank dalam melayani sesuai prinsip syariah, menjadi faktor utama dalam menumbuhkan minat tersebut. Hasil penelitian ini juga menekankan pentingnya pengetahuan produk, kepercayaan, dan kepatuhan syariah dalam menarik minat masyarakat, khususnya Anggota Majelis Taklim terhadap bank syariah. Kata Kunci : Pengetahuan, Kepercayaan, Sharia Compliance, Bank Syariah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:25 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13121 |
Actions (login required)
View Item |