Analisis Aplikasi M-Din Bank Muamalat Sebagai Strategi Bersaing Di Era Digitalisasi Bank (Study Kasus Bank Muamalat Kcp Kuningan

Tria Lestari, (2023) Analisis Aplikasi M-Din Bank Muamalat Sebagai Strategi Bersaing Di Era Digitalisasi Bank (Study Kasus Bank Muamalat Kcp Kuningan. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008203067_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203067_2_bab1.pdf

Download (608kB)
[img] Text
2008203067_6_bab5.pdf

Download (389kB)
[img] Text
2008203067_7_dafpus.pdf

Download (476kB)

Abstract

Salah satu diantara bentuk kemajuan teknologi adalah digitalisasi bank, di tengah tren ini, bank-bank harus beradaptasi dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin canggih dan mobilitasnya. Bank Muamalat, sebagai salah satu bank syariah terkemuka di Indonesia, juga menghadapi tekanan untuk berinovasi dalam menghadapi revolusi digital dan memberikan layanan yang memadai. Transformasi digital banking menjadi isu penting dalam industri perbankan saat ini.Namun demikian masih banyak persoalan yang dihadapi dalam melakukan transformasi digital. Kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi pendorong utama bagi kemajuan dalam sektor teknologi perbankan, serta memicu terbentuknya masyarakat berbasis informasi. Penelitian Mengenai Analisis Aplikasi M-DIN Bank Muamalat Sebagai Strategi Bersaing Di Era Digitalisasi Bank (Study Kasus Bank Muamalat KCP Kuningan) ini memiliki tiga tujuan. Tujuan tersebut berikut:(1) Untuk memberikan gambaran secara rinci tentang prosedur operasional aplikasi M-DIN Bank Muamalat 2) Untuk mengetahui strategi Bank Muamalat KCP Kuningan melalui aplikasi M-DIN dalam berbersaing di era (3) Untuk mengetahui strategi Bank Muamalat untuk meningkatkan minat penggunaan aplikasi M-DIN. Bentuk penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur operasional aplikasi M-DIN terbukti tidak terlalu rumit dan mudah diikuti. Informan menegaskan bahwa langkah-langkahnya dapat dengan mudah diikuti setelah mengunduh aplikasi, mulai dari proses registrasi hingga pembuatan TIN (Transaction Identification Number), dirancang untuk memberikan kemudahan kepada pengguna. Prosedur tersebut dapat dijadikan panduan praktis bagi pengguna dalam mengoperasikan M-DIN.Bank Muamalat juga menerapkan strategi proaktif dengan menambahkan fitur-fitur inovatif dalam aplikasi M-DIN untuk bersaing dengan bank kompetitor, termasuk bank syariah lainnya. Fitur-fitur tersebut mencakup aspek keislaman dan pelayanan yang tidak dimiliki oleh bank kompetitor. Strategi ini menunjukkan kesadaran Bank Muamalat dalam menjaga keunggulan dan inovasi di tengah perkembangan teknologi, serta keterlibatan cabang dalam mengimplementasikan strategi pusat.Selanjutnya, Bank Muamalat berhasil meningkatkan minat nasabah dengan strategi yang aktif. Pegawai secara proaktif memberikan edukasi kepada nasabah tentang M-DIN, menjelaskan fitur-fitur, keunggulan, dan kemudahan penggunaannya. Penggunaan aplikasi M-DIN diarahkan kepada setiap nasabah yang membuka rekening, menunjukkan upaya personalisasi dan kemudahan akses sebagai kunci peningkatan adopsi aplikasi. Dengan strategi ini, Bank Muamalat berhasil memperoleh minat nasabah yang signifikan terhadap M-DIN. Kata kunci: Digitalisasi Bank, Aplikasi M-DIN, Strategi bersaing, Minat Pengguna

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 May 2024 01:39
Last Modified: 15 May 2024 01:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13125

Actions (login required)

View Item View Item