Sharyan Hamid, (2023) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi Pada BJB Syariah Cabang Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN SNJ.
Text
2008203085_1_cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008203085_2_bab1.pdf Download (809kB) |
|
Text
2008203085_6_bab5.pdf Download (480kB) |
|
Text
2008203085_7_dafpus.pdf Download (544kB) |
Abstract
Dalam konteks Bank BJB Syariah Cabang Cirebon, hingga saat ini, belum ada penelitian yang cukup komprehensif yang mengungkapkan sejauh mana Implementasi Corporate Social Responibility (CSR) di BJB Syariah Cabang Cirebon. Lebih lanjut, masih banyak nasabah Bank BJB Syariah Cabang Cirebon dan masyarakat umum yang belum sepenuhnya memahami apa itu Corporate Social Responsibility (CSR) dan manfaatnya bagi masyarakat dan perusahaan. Pelaksanaan CSR dalam suatu perusahaan dapat meningkakan citra yang baik dan kuat yang diperlukan perusahaan untuk keuntungan bisnis dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi CSR dalam meningkatkan citra pada Bank BJB Syariah Cabang Cirebon, menganalisis persepsi masyarakat terhadap CSR di BJB Syariah Cabang Cirebon dan menganalisis kondisi internal dan eksternal pelaksanaan CSR dalam meningkatkan citra perusahaan pada BJB Syariah Cabang Cirebon. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder untuk melihat program CSR pada Bank BJB Syariah Cabang Cirebon, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT yang dapat menganalisis rencana strategis untuk mengkaji kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman penerapan Corporate Social Responsibility (CSR). Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Implementasi CSR yang dilakukan Bank BJB Syariah Cabang Cirebon telah dilaksanakan dengan baik. Terlihat dari terpenuhinya indikator pembentuk citra perusahaan berupa perencanaan, ketersediaan, pelaksanaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap CSR merasa terbantu, khususnya dalam meningkatkan efektivitas kegiatan yang diberikan Bank BJB Syariah Cabang Cirebon berupa barang maupun dana bagi penerima serta dapat dirasakan oleh banyak pihak dan dengan adanya program CSR dapat meningkatkan citra yang baik bagi perusahaan. Dan hasil analisis SWOT menunjukkan penerapan CSR pada Bank BJB Syariah Cabang Cirebon, berdasarkan perolehan dari diagram cartesius berada pada titik koordinat (0,50 ; 0,51) atau berada pada kuadran I (satu) yaitu growth, pada kuadran ini menunjukkan situasi perusahaan yang sangat menguntungkan. Strategi yang harus dilakukan oleh Bank BJB Syariah Cabang Cirebon dengan menjalankan strategi yang berorientasi pada pertumbuhan atau growth strategy. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Citra Perusahaan, BJB Syariah Cabang Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:53 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13135 |
Actions (login required)
View Item |