Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam 21086010070 Upaya Meningkatkan Kinerja Guru pada Proses Pembelajaran di Sekolah”

Kristin Warningsih, (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam 21086010070 Upaya Meningkatkan Kinerja Guru pada Proses Pembelajaran di Sekolah”. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (201kB)

Abstract

Perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka dan dicanangkan mulai digunakan pada tahun pelajaran 2021/2022 menjadi sangat penting bagi dunia pendidikan untuk pencapaian proses dan hasil belajar yang lebih baik. Bagaimanakah kebijakan kurikulum, perubahan struktur kurikulum, permasalahan perubahan kurikulum, dampak perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah terutama bagaimana meningkatkatkan kualitas mutu guru dalam mengajar menjadi PR bersama sejalan dengan kebijakan perubahan kurikulum. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa besar Implementasi atau penerapan kurikulum merdeka dapat meningkatkan kireja guru dan memberikan solusi terhadap kinerja guru dalam mengajar sejalan dengan perubahan kurikulum yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk; 1). Mengetahui bagaimana proses manajemen diterapkan pada implementasi kurikulum merdeka yang dilaksanakan disekolah. 2). Mengetahui bagaimana kinerja guru pada proses pembelajaran di kelas dalam implementasi kurikulum merdeka. 3). Mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pada Implementasi kurikulum Merdeka di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan penggambaran temuan lapangan yang naturalistik atau apa adanya sesuai kondisi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Pelaksanaan implementasi kurikulum pada sekolah yang diteliti sesuai tahapan pelaksanaan manajemen kurikulum yaitu ada beberapa tahapan seperti perencanaan kurikulum, pengorganisasian, pelaksanaan kurikulum, dan penilaian terhadap pelaksanaan kurikulum. Kedua sekolah yang diteliti sudah memiliki program untuk meningkatkan kompetensi guru yang dapat meningkatkan kinerja guru. Ketiga dari semua factor pendukung dan factor penghambat implementasi kurikulum bisa diselesaikan dengan kerjasama antara guru, kepala sekolah, staf sekolah, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang saling mendukung. Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum Merdeka, Kinerja Guru, Proses Pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 May 2024 06:35
Last Modified: 17 May 2024 06:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

View Item View Item