Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Trijaya Kuningan, Jawa Barat

Dea Yulianti, (2024) Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Trijaya Kuningan, Jawa Barat. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204047_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008204047_2_bab1.pdf

Download (195kB)
[img] Text
2008204047_6_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008204047_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondisi alam Indonesia yang berbentuk kepulauan menjadikan Indonesia memiliki banyak potensi pariwisata dengan berbagai macam tujuan wisata yang dapat dikunjungi diantaranya berupa wisata alam maupun wisata buatan dengan keindahan alam yang luar biasa, pemandangan yang menakjubkan, kekayaan sumber daya alam yang berlimpah, budaya, agama, tradisi dan suku budaya, sehingga dengan banyaknya potensi yang dimiliki dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Untuk tetap menjaga dan meningkatkan kuantitas wisatawan, maka perlu diadakannya pengukuran kepuasan wisatawan yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti daya tarik, fasilitas dan aksesibilitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah daya tarik, fasilitas dan aksesibilitas berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini merupakan para pengunjung yang ada pada Objek Wisata Trijaya Kuningan, Jawa Barat. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dari observasi, kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling dalam pengambilan sampelnya. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, hipotesis berupa uji T dan uji F yang diolah menggunakan aplikasi SPSS v.26. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel daya tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dengan nilai p-value (Sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 4.912 ≥ 1,985 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dengan nilai dengan nilai p-value (Sig) < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2.021 ≥ 1,985 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 3) Variabel aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dengan nilai p-value (Sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 4.591 ≥ 1,985 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 4) Variabel daya tarik, fasilitas dan aksesibilitas berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan nilai Fhitung sebesar 59.727> Ftabel 3,090 (df = 100 – 3) dengan nilai probabilitasnya atau sig. = 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Daya Tarik, Fasilitas, Aksesibilitas, Keputusan Berkunjung Wisatawan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 May 2024 06:34
Last Modified: 29 May 2024 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13233

Actions (login required)

View Item View Item