PENGARUH PENGETAHUAN DAN LOKASI AGEN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT BERTRANSAKSI (Studi Pada Masyarakat Sekitar Agen Pegadaian Syariah Tukmudal), 2024.

ADI IKWANTORO, (2024) PENGARUH PENGETAHUAN DAN LOKASI AGEN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT BERTRANSAKSI (Studi Pada Masyarakat Sekitar Agen Pegadaian Syariah Tukmudal), 2024. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img] Text
2008203020_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203020_2_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
2008203020_6_bab5.pdf

Download (253kB)
[img] Text
2008203020_7_dafpus.pdf

Download (267kB)

Abstract

Pembentukan Agen Pegadaian Syariah oleh PT Pegadaian merupakan sebuah inovasi untuk mengembangkan layanan keuangan pegadaian syariah dengan tujuan memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat. Meskipun begitu, sejumlah tantangan muncul, termasuk rendahnya pemahaman masyarakat tentang agen pegadaian syariah dan kebingungan terkait lokasi agen pegadaian syariah. Tingkat pengetahuan yang baik tentang agen pegadaian syariah dan ketersediaan agen yang mudah dijangkau akan memberikan dorongan positf terhadap minat masyarakat untuk bertransaksi di Agen Pegadaian Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan lokasi terhadap minat masyarakat bertransaksi di Agen Pegadaian Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden masyarakat Tukmudal dari total populasi sebanyak 13.132 orang. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji f (simultan) dan uji t (parsial) dengan menggunakan aplikasi SPSS version 23. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel pengetahuanberpengaruh positif signifikan terhadap Minat Masyarakat Bertransaksipada Agen Pegadaian Syariah Tukmudal sebesar 27,14%. (2) Variabel Lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Masyarakat Bertransaksi pada Agen Pegadaian Syariah Tukmudal sebesar 15,05%. (3) Variabel Pengetahuan dan Lokasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan mampu mempengaruhi Minat Masyarakat Bertransaksi pada Agen Pegadaian Syariah Tukmudalsebesar 0,421 atau 42,1%. Kata Kunci : Pengetahuan, Lokasi dan Minat Masyarakat Bertransaksi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:02
Last Modified: 17 Jul 2024 07:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item