Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Ciracas

Khania Arisya Wardani, (2024) Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Ciracas. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (323kB)

Abstract

Dalam dunia modern peranan perbankan dalam memajukan perekonomian suatu negara sangatlah besar. Lembaga perbankan merupakan inti dari sistem keuangan suatu negara. Hampir semua sektor yang berhubungan dengan kegiatan keuangan selalu membutuhkan jasa bank. Angka pertumbuhan perbankan syariah menunjukkan hal yang menggembirakan akan tetapi perkembangan dari sisi kelembagaan dan produk keuangan syariah tersebut belum diimbangi dengan ketaatan terhadap etika bisnis syariah meskipun implementasi etika bisnis syariah telah diterapkan dalam operasional perbankan syariah. Mempertahankan nasabah yang setia perlu adanya prioritas yang lebih besar daripada mencari nasabah baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Etika Bisnis Islam di Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Ciracas, untuk mengetahui loyalitas nasabah tentang penerapan Etika Bisnis Islam yang dilakukan oleh Bank Syariah Indnesia KCP Jakarta Ciracas dan untuk mengetahui kendala dan upaya Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Ciracas dalam melakukan penerapan etika bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian empiris. Jenis dan sumber datanya menggunakan data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknis analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam yang diterapkan pada perusahaan, nasabah sudah merasakan kualitas etika-etika yang diterapkan pada tiap karyawan Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Ciracas. Kendala yang terjadi dibagi menjadi dua bagian yaitu kendala internal dan kendala eksternal, akan tetapi kendala-kendala itu sudah terdapat upaya untuk mengatasinya diantara upaya tersebut adalah memberikan sanksi kepada karyawan dan mulai untuk berinovasi melakukan sebuah promosi agar makin banyak nasabah yang mengetahui keunggulan produk-produk bank syariah, khususnya di Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Ciracas. Kata kunci: etika, bisnis, loyalitas

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:20
Last Modified: 29 Jul 2024 08:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13687

Actions (login required)

View Item View Item