Farhah Azzahra, (2024) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Sumber. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (126kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (264kB) |
Abstract
Saat ini sedang marak industry perbankan syariah yang dimana perbankan syariah ini bisa disebut sebagai penerus jalan bagi perbankan konvensional lainnya. Pengertian dasar dari perbankan syariah itu sendiri adalah untuk menyelamatkan jiwa, akal, agama, harta, dan keturunan umat Islam dari transaksi yang diharamkan oleh syariat Islam khususnya transaksi dalam bidang perbankan. Untuk menyelamatkan perbankan dari hal tersebut, industri perbankan syariah perlu menjunjung tinggi prinsip etika bisnis Islam karena prinsip-prinsip tersebut mutlak keberadaannya diperlukan sebagai fasilitator transaksi yang halal menurut syariat Islam. Hal tersebut senada dengan penerapannya kepada penilaian nasabah tentang kepercayaannya kepada perbankan syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Etika Bisnis Islam di Bank Muamalat KCP Sumber, untuk mengetahui kepercayaan nasabah tentang penerapan Etika Bisnis Islam yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Sumber dan untuk mengetahui analisis SWOT pada implementasi Etika Bisnis Islam di Bank Muamalat KCP Sumber. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian empiris. Jenis dan sumber datanya menggunakan data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Adapun metode yang digunakan adaa menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islan pada Bank Muamalat KCP Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam yang diterapkan pada perusahaan, nasabah sudah merasakan kualitas etika-etika yang diterapkan pada tiap karyawan Bank Muamalat KCP Sumber. Dengan pendekatan analisis SWOT dapat diketahui beberapa strategi antara lain SO yakni salah satunya dengan menetapkan harga ringan, seteahnya ada strategi ST yang berisi tentang meningkatkan sistem fasilitas tiap ATM menjadi lebih berkembang. Selain dua strategi tersebut, terdapat dua strategi selanjunya yaitu strategi WO dengan menambah pengetahuan karyawan tentang bagaimana menangani sistem error yang lebih cepat dan terakhir ada strategi WT yaitu dengan cara meningkatkan SDM yang memadai dengan menambah SDM. Kata Kunci: etika, bisnis, kepercayaan, nasaba
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 08:02 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13716 |
Actions (login required)
View Item |