PENERAPAN TERAPI RUQYAH DI PONDOK PESANTREN AL JAUHARIYYAH BALERANTE UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT KABUPATEN CIREBON

FASECH MALA’I, (2024) PENERAPAN TERAPI RUQYAH DI PONDOK PESANTREN AL JAUHARIYYAH BALERANTE UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
1908306094_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1908306094_2_bab1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
1908306094_6_bab5.pdf

Download (246kB)
[img] Text
1908306094_7_dafpus.pdf

Download (342kB)

Abstract

Perlu disadari kesehatan mental merupakan keadaan dimana setiap individu menyadari potensi yang dimilikinya dengan mampu menanggulangi tekanan hidup, bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi bagi lingkungan. Kesehatan mental menjadi perhatian khusus karena memiliki dampak yang cukup serius bagi masyarakat yang tidak mampu menjaganya. Fenomena serupa sering kali terjadi pada masyarakat kabupaten cirebon yang secara tidak sadar mengalami masalah gangguan kesehatan mental sehingga perlu upaya pencegahan alternatif melalui pengobatan terapi ruqyah di Pondok Pesantren Al Jauhariyyah. Maka dari itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran kondisi kesehatan mental masyarakat kabupaten cirebon, Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan terapi ruqyah dan menganalisis keberhasilan yang dirasakan oleh masyarkat setelah mengikuti Terapi Ruqyah di Pondok Pesantren Al Jauhariyyah Desa Balerante Kec. Palimanan Kab. Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunkan teori Fauzi dan Al Hady yang disajikan dalam bentuk susunan katakata dan kalimat. Dalam penyajianya, Karya Ilmiah ini juga didukung oleh data yang telah peneliti himpun baik itu data dari lapangan berupa naskah ,wawancara, gambar,dan dokumen serta diperkuat dengan kutipan menurut para ahli seperti buku, jurnal dan Karya Ilmiah terpercaya lainnya. Sumber data yang peneliti gunakan adalah Sumber Data Primer dengan Metode Purposive Sampling dan Data Sekunder. AdapunTeknis Pengolahan dan Analisis Datanya yang peneliti gunakan antara lain Pengkaijian ulang data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan menurut Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa masyarakat yang mendapatkan layanan terapi ruqyah di Pondok Pesantren Al Jauhariyyah yang mengalami masalah kesehatan mental dilatar belakangi dengan gejala yang berbeda-beda. Pada penerapannya terapi ruqyah di Pondok Pesantren Al Jauhariyah diawali dengan pembacaan Tawasul, setelahnya itu langsung dibacaka ayat ruqyah oleh Qori sebanyak 7kali dengan diselingi intrukai kepada para jama‟ah atau klien untuk meminum air sedikit demi sedikit dan terakhir penutup sekaligus pembacaan Do‟a. Keberhasilan ruqyah dalam memberikan pengaruh positif secara psikologis dan pengaruh positif terhadap jasmani seseorang. Ke efektifan yang dirasakan tidak terlepas dari media dan keutamaan yang didalamnya yaitu, dengan menggunkan ayat suci Al Qur‟an pilihan, bacaan Dzikira yang telah diakui memiliki nilai keberkahan dan keutamaan didalamnya. Maka dari situlah bahwa metode penerapan terapi ruqyah cukup efektif dan mampu berkontribusi dalam mengobati, serta menangani masalah kesehatan mental yang mana didalamnya termasuk mampu meningkat kesehatan mental seseorang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:07
Last Modified: 31 Jul 2024 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item View Item