DAMPAK FAMILY GATHERING UNTUK MENGURANGI STRESS KERJA PADA KARYAWAN DI PT ASTRA OTOPARTS Tbk (RETAIL BENGKEL SHOP AND DRIVE CABANG TUPAREV KABUPATEN CIREBON)

YENI KARTIKA SARI, (2024) DAMPAK FAMILY GATHERING UNTUK MENGURANGI STRESS KERJA PADA KARYAWAN DI PT ASTRA OTOPARTS Tbk (RETAIL BENGKEL SHOP AND DRIVE CABANG TUPAREV KABUPATEN CIREBON). Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
1908306169_1_cover.pdf

Download (558kB)
[img] Text
1908306169_2_bab1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
1908306169_6_bab5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
1908306169_7_dafpus.pdf

Download (211kB)

Abstract

Masalah yang biasa terjadi di lingkungan kerja contohnya seperti kejenuhan, mudah lelah, hingga depresi. Masalah-masalah tersebut adalah timbulnya stress kerja pada karyawan. Dalam sebuah perusahaan tentu saja ada kegiatan-kegiatan untuk menunjang semangat kerja pada karyawan. Kegiatan tersebut salah satunya yaitu adanya family gathering yang diadakan oleh perusahaan dan merupakan program dari humas internal. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk meneliti dampak family gathering dalam mengurangi stress kerja pada karyawan. Dengan tempat penelitian yaitu di PT. Astra Otoparts Tbk. Cabang Tuparev Kabupaten Cirebon. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak kegiatan family gathering, penyebab stress pada karyawan dan mengidentifikasi dampak family gathering untuk mengurangi stress kerja pada karyawan di PT Astra Otoparts Cabang Tuparev Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa kegiatan family gathering rutin dilakukan setiap satu tahun sekali oleh humas internal PT. Astra Otoparts Tbk. Cabang Tuparev Kabupaten Cirebon. Kondisi stress kerja pada karyawan di PT. Astra Otoparts Tbk. rata-rata kurang fokus dalam bekerja, mudah lelah, mengalami kejenuhan, hingga depresi. Hal tersebut karena tentu saja membutuhkan waktu untuk bersenang-senang dalam menghilangkan beban saat bekerja. Salah satu cara dalam menghilangkan penat dalam bekerja yaitu dengan diadakannya kegiatan family gathering oleh humas internal perusahaan. Hal ini bertujuan untuk membangun energi positif serta pengakraban sesama internal perusahaan guna meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan family gatherng dapat mengurangi stress kerja pada karyawan. Selain itu, kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama family gathering seperti outbound, makan bersama, family time membuat karyawan dapat meningkatkan kerjasama tim dan kinerja karyawan. Dalam hal ini, dapat dilihat bahwa betapa pentingnya meluangkan waktu melepas penat dalam bekerja dengan kegiatan family gathering karena dapat mengurangi stress kerja pada karyawan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:29
Last Modified: 31 Jul 2024 04:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item View Item