CARIYAH, (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 LOSARI KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.
Text
2008306057_1_cover.pdf Download (714kB) |
|
Text
2008306057_2_bab1.pdf Download (255kB) |
|
Text
2008306057_6_bab5.pdf Download (164kB) |
|
Text
2008306057_7_dafpus.pdf Download (209kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan penyesuaian diri peserta didik di sekolah sehingga perlu penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Penyesuaian diri adalah proses kecakapan mental dan tingkah laku peserta didik dalam menghadapi tuntutan-tuntutan baik dari dalam diri sendiri maupun lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil umum penyesuaian diri peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Losari Kabupaten Brebes, rancangan program bimbingan kelompok teknik team game tournamnet dalam mengatasi penyesuaian diri, dan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik team game tournament untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Losari Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, medote quasi eksperiment dengan menggunakan desain Non-equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMP Negeri 3 Losari Kabupaten Brebes. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, terpilih 14 peserta didik yang memiliki skor rendah. Untuk pengambilan data peneliti menggunakan teknik kuesioner atau angket penyesuaian diri yang berisi 54 item pernyataan, wawancara sebagai studi pendahuluan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, penelitian menunjukan bahwa pada umumnya peserta didik kelas VII berada pada kategori penyesuaian diri rendah dengan tingkat ketercapaian 42,59%. Sehingga terpilih 14 peserta didik yang memiliki skor rendah yang diberikan treatment layanan bimbingan kelompok teknik team game tournamnet selama empat pertemuan. Hasil uji hipotesis penelitian di peroleh nilai signifikan sebesar 0.000 yang berarti 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ha diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata penyesuaian diri peserta didik sebelum dan sesudah diberikan treatment. Adapun Hasil gain skor untuk menunjukan seberapa besar keefektifan treatment yang digunakan yaitu 56,27% artinya layanan bimbingan kelompok teknik team game tournamnet cukup efektif dalam mengatasi penyesuaian diri peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Losari Kabupaten Brebes.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:59 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13801 |
Actions (login required)
View Item |