NASIRUDIN, (2024) PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE AL-KHIYAROH TV TENTANG HAL GHAIB. Bachelor thesis, S1- KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.
Text
1808302067_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1808302067_2_bab1.pdf Download (364kB) |
|
Text
1808302067_6_bab5.pdf Download (354kB) |
|
Text
1808302067_7_dafpus.pdf Download (470kB) |
Abstract
YouTube merupakan salahsatu hasil digitalisasi yang telah memliki ribuan bahkan jutaan pengguna dari berbagai negara. mulanya YouTube ini banyak digunakan untuk sharing video hiburan atau kesenangan belaka, YouTube ini juga banyak digunakan para creator yang membahas ghaib demi mencari kepuasan penonton saja. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti Pondok Pesantren Al-Khiyaroh yang aktif melakukan dakwah melalui media sosial YouTube dalam membahas mengenai konten ghaib. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana Bagaimana proses produksi konten video YouTube Al-Khiyaroh TV pada konten yang berjudul “Apakah Ilmu Hitam Dan Santet Benar-Benar Ada”?, Bagaimana pesan dakwah pada konten yang berjudul “Apakah Ilmu Hitam Dan Santet Benar-Benar Ada” di channel YouTube Al-Khiyaroh TV?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses produksi konten YouTube Al-Khiyaroh TV pada konten yang berjudul “Apakah Ilmu Hitam Dan Santet Benar-Benar Ada”, untuk mengetahui Pesan dakwah pada konten yang berjudul “Apakah Ilmu Hitam dan Santet Benar-Benar Ada”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (menarik kesimpulan). Uji keabsahan datanya dengan cara triangulasi. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa proses produksi konten YouTube Al-Khiyaroh TV yang berjudul “Apakah Ilmu Hitam dan Santet Benar-Benar Ada dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pra-poduksi (menentukan tema, narasumber, waktu dan tempat, menyiapkan peralatan), produksi (recording, editing dan review), post-produksi (unggah, optimasi, evaluasi). Pesan dakwah yang ditemukan dari hasil penelitian adalah pesan tentang akidah pada konten yang berjudul “Apakah Ilmu Hitam dan Santet Benar-Benar Ada?” yaitu Ilmu hitam itu tidak ada, Meminta sesuatu hanya kepada Allah, Larangan syirik, Dzikir kepada Allah, Bacalah Al-Quran, Shodaqoh itu Daf`ul bala.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:39 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13881 |
Actions (login required)
View Item |