PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS X PADA MATERI VIRUS

Siti Fatimah, (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS X PADA MATERI VIRUS. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1808106085_1_cover.pdf

Download (665kB)
[img] Text
1808106085_2_bab1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
1808106085_6_bab5.pdf

Download (173kB)
[img] Text
1808106085_7_dafpus.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang diperkirakan menjadi penyebab belum tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal, diantaranya yaitu proses pembelajaran yang didominasi oleh guru, penggunaan metode ceramah yang terlalu sering dibandingkan dengan diskusi kelas, serta kurang bervariasinya media yang digunakan saat proses pembelajaran. Sehingga peneliti dirasa perlu melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa, menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah siswa, serta menganalisis respon siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan E-modul. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 4 dan X 6 SMAN 1 Arjawinangun. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, tes, dan angket dengan analisis data menggunakan metode kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabelitas, uji N-gain, dan uji statistik prasyarat analisis. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan setiap pertemuannya, terdapat peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah siswa dengan nilai signifikansi rata-rata 0,000, serta respon yang sangat baik terhadap pembelajaran yang menerapkan model Problem Based Learning berbantuan E-modul dengan persentase 66%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan E-modul dapat menjadi rekomendasi yang baik untuk meningkatkan aktivitas, respon, serta peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Argumentasi Ilmiah, E-Modul

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:25
Last Modified: 06 Aug 2024 02:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13910

Actions (login required)

View Item View Item