PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS READING CONCEPT MAP-COOPERATIVE SCRIPT (REMAP-CS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN GENDER

NUR AISIAH JAMIL, (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS READING CONCEPT MAP-COOPERATIVE SCRIPT (REMAP-CS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN GENDER. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908106129_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908106129_2_bab1.pdf

Download (618kB)
[img] Text
1908106129_6_bab5.pdf

Download (591kB)
[img] Text
1908106129_7_dafpus.pdf

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkebangan era globalisasi dan ilmu pengetahuan teknologi yang semakin maju. Dalam menghadapi abad 21 ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu bagian dari pendidikan yang menjadi pedoman yang harus disiapkan, seperti menjadi individu yang kreatif, mandiri, dan berpikir kritis. Untuk melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan mampu memecahkan suatu permasalahan. Salah satunya adalah model pembelajaran yang sesuai dengan kriteria tersebut yaitu model Reading Concept Map-Cooperative Script (REMAP-CS). Selain model pembelajaran, gender ditengarai mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dimana biasa nya kemampuan berpikir kritis siswa didominasi oleh siswa perempuan dibandingkan dengan siswa laki-laki. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran REMAP-CS berdasarkan interaksi siswa terhadap keterampilan berpikir kritis, untuk menganalisis perbedaan peningkatan KBK pada kelas kontrol dan pada kelas eksperimen, untuk menganalisis perbandingan perbedaan KBK antara kelas yang menerapkan model pembelajaran REMAP-CS dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran REMAP�CS pada siswa laiki-laki dan perempuan. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran REMAP-CS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantutatif dengan metode penelitian desain faktorial 2x2 dan desain penelitian faktorial design dan untuk teknik sampling yaitu purposive random sampling, meliputi kelas XI IPA 5 yang merupakan kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes pilihan ganda beralasan, observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Reading Concept Map Cooperative Script (REMAP CS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa hal ini ditandai dengan adanya peningkatan yang cukup signifikasn pada setiap pertemuannya. (2) Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Reading Concept Map Cooperative Script (REMAP CS) dengan siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran Reading Concept Map Cooperative Script (REMAP CS) pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan nilai signifikansi 0,000 artinya bahwa Ho ditolak. (3) Peningkatan Keterampilan berpikir kritis siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan berpikir kritis oleh siswa laki-laki baik dari kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran REMAP-CS maupun kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. (4) Siswa memberikan repon positif terhadap pembelajaran biologi yang menggunakan model pembelajaran Reading concept map cooperative script (REMAP-CS). Kata kunci : Reading Concept Map-Cooperative Script, Keterampilan Berpikir Kritis, Gender/Jenis kelamin

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:54
Last Modified: 06 Aug 2024 02:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13925

Actions (login required)

View Item View Item