EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 3 PALIMANAN

FAUZIAH, (2024) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 3 PALIMANAN. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1908105020_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908105020_2_bab1.pdf

Download (557kB)
[img] Text
1908105020_6_bab5.pdf

Download (371kB)
[img] Text
1908105020_7_dafpus.pdf

Download (407kB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan abad yang penuh dengan berbagai tantangan, dunia pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yang lebih besar untuk dapat mengatasi dan menjawab tantangan tersebut. Berbagai inovasi baru yang dilakukan oleh pemerintah yakni meluncurkan kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 3 Palimanan dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang di dalamnya terdapat evaluasi konteks, input, proses, dan produk. Subjek penelitian ini yaitu guru matematika, siswa kelas VIII D dan VIII F. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil penelitian pada aspek konteks meliputi tujuan, misi dan sasaran dikategorikan baik, karena dapat mengembangkan potensi yang ada pada pserta didik. Aspek input dikategorikan baik, karena kompetensi guru matematika, kesiapan belajar siswa dan sarana prasarana program sangat mendukung keberhasilan program. Aspek proses meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dikategorikan baik, hal ini dilihat dari keaktifan siswa, interaksi siswa dengan guru dan penerapan metode yang tepat dalam pembelajaran, serta guru selalu merencanakan pembelajaran dengan baik dan mengadakan evaluasi dengan baik. Aspek hasil yang meliputi respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran matematika dikategorikan baik, karena dapat menggali pengetahuan dan keterampilan siswa, serta hasil belajar siswa dikategorikan baik, karena siswa mendapatkan hasil diatas batas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Kata kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Evaluasi, CIPP, Matematika

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:08
Last Modified: 06 Aug 2024 03:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13930

Actions (login required)

View Item View Item