BAYAN MARDIANA, (2024) REPRESENTASI REALITAS SOSIAL PADA REMAJA DALAM VIDEO KLIP BTS 'LOVE MYSELF GLOBAL CAMPAIGN'. Bachelor thesis, S1- KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.
Text
2008302043_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008302043_2_bab1.pdf Download (471kB) |
|
Text
2008302043_6_bab5.pdf Download (345kB) |
|
Text
2008302043_7_dafpus.pdf Download (480kB) |
Abstract
Pada video klip BTS 'Love Myself Global Campaign' di dalamnya mengandung makna mengenai realitas sosial pada remaja. Video klip merupakan kumpulan dari potongan-potongan gambar yang disatukan ini memiliki keserasian yang saling berkaitan antara scene satu dengan scene lainnya sehingga menjadi video utuh yang memiliki makna tersendiri bagi para penafsirnya. Setiap makna dalam video klip diperoleh melalui tanda yang berhubungan antara scene, audio, dengan liriknya. Dalam video klip tersebut BTS menceritakan realita remaja dalam menjalani kehidupannya dengan menerima dan mencintai diri sendiri untuk memperoleh kebahagiaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah pada penelitan ini yaitu: (1) Bagaimana kesesuaian antara scene, lirik dan audio dalam video klip BTS „Love Myself Global Campaign‟? (2) Bagaimana pemaknaan scene dalam video klip BTS „Love Myself Global Campaign‟ dengan menggunakan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce? (3) Bagaimana makna realitas sosial pada remaja yang direpresentasikan dalam video klip BTS „Love Myself Global Campaign‟? Tujuan dari penelitan ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian antara scene, lirik dan audio dalam video klip BTS „Love Myself Global Campaign‟, untuk mengetahui pemaknaan scene dalam video klip BTS „Love Myself Global Campaign‟ dengan menggunakan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce, untuk mengetahui makna realitas sosial pada remaja yang direpresentasikan dalam video klip BTS „Love Myself Global Campaign‟. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Maka analisis data yang digunakan yaitu semiotika Charles Sanders Peirce. Adapun hasil yang diperoleh oleh peneliti yaitu: (1) Kesesuaian antara scene, lirik, dan audio dalam video klip BTS. (2) Tanda yang terkandung dalam video klip BTS. (3) Makna realitas sosial pada remaja dalam video klip BTS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:08 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13956 |
Actions (login required)
View Item |