KEEFEKTIFAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI KARYA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 INDRAMAYU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

HILYA QOTRUNNADA, (2024) KEEFEKTIFAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI KARYA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 INDRAMAYU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008110015_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008110015_2_bab1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
2008110015_6_bab5.pdf

Download (307kB)
[img] Text
2008110015_7_dafpus.pdf

Download (336kB)

Abstract

Kurangnya minat siswa untuk belajar menulis puisi karena pembelajaran yang guru terapkan kurang variatif serta sulitnya siswa menemukan ide untuk dituangkan menjadi sebuah puisi yang indah sehingga kurang efektifnya proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui keefektifan media film dokumenter pada keterampilan menulis puisi karya siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Indramayu Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan, yaitu quasi experimental dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini 60 responden dari 196 populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan melakukan observasi baik terhadap kinerja guru maupun siswa dan tes penugasan keterampilan menulis puisi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu modul pembelajaran, pedoman lembar observasi kinerja guru dan siswa, soal tes penugasan pretest dan posttest keterampilan menulis puisi, serta rubrik penilaian keterampilan menulis puisi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu hasil observasi dan hasil keterampilan menulis puisi karya siswa berdasarkan penerapan media film dokumenter. Uji prasyarat digunakan pada penelitian ini, yang kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis untuk mengetahui efektif tidaknya penerapan media film dokumenter pada keterampilan menulis puisi karya siswa. Hasil Uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan penerapan media film dokumenter efektif digunakan rinciannya, yaitu nilai rata-rata (mean) pretest dan posttest kelas eksperimen pada pengujian uji-t paired samples test = -12,000. Nilai rata-rata (mean) pretest dan posttest kelas kontrol pada pengujian uji-t paired samples test = -6,500. Jadi, nilai rata-rata (mean) pretest dan posttest kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata (mean) pretest dan posttest kelas kontrol (-12,000 > -6,500). Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan media film dokumenter efektif digunakan pada kemampuan menulis puisi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Indramayu. Kata Kunci : Keterampilan menulis, Media film dokumenter, Puisi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:01
Last Modified: 06 Aug 2024 07:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item