KEEFEKTIFAN MEDIA VLOG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 1 SUKAHAJI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

TIA LATIFAH, (2024) KEEFEKTIFAN MEDIA VLOG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 1 SUKAHAJI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008110028_1_cover.pdf

Download (494kB)
[img] Text
2008110028_2_bab1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
2008110028_6_bab5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2008110028_7_dafpus.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengamati penerapan media vlog pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Sukahaji tahun pelajaran 2023/2024, (2) mengetahui keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Sukahaji tahun pelajaran 2023/2024, (3) mengetahui keefektifan media vlog terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Sukahaji tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua, yaitu variabel bebas berupa media vlog dan variabel terikat berupa keterampilan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sukahaji. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposif. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 3 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Penerapan media vlog dalam pembelajaran menulis teks berita lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran keterampilan menulis teks berita tanpa menggunakan media vlog. Keefektifan media vlog terhadap keterampilan menulis teks berita dengan hasil uji-t sampel berpasangan. Pada uji t nilai pretest dan postest kelas eksperimen menghasilkan thitung sebesar 12.936 > dari ttabel sebesar 1.71088. Nilai sig.(2 tailed) sebesar .000 < dari 0,05. Maka hipotesis Ha dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Artinya, penggunaan media vlog efektif terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Sukahaji. Kata Kunci : Keterampilan Menulis Teks Berita, Media Vlog, Pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:19
Last Modified: 06 Aug 2024 07:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14007

Actions (login required)

View Item View Item