HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DAN EFIKASI DIRI TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA

DEDE MASHLAHATUL UMMAH, (2024) HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DAN EFIKASI DIRI TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105058_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008105058_2_bab1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
2008105058_6_bab5.pdf

Download (248kB)
[img] Text
2008105058_7_dafpus.pdf

Download (328kB)

Abstract

Terdapat banyak faktor yang diprediksi dapat mempengaruhi literasi matematika siswa. Beberapa di antaranya adalah disposisi matematis dan efikasi diri. Disposisi matematis merupakan kecenderungan, kesadaran, keinginan, dan komitmen yang kuat untuk berpikir dan berperilaku secara matematis. Efikasi diri merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri bahwa ia mampu mencapai hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hubungan antara disposisi matematis terhadap literasi matematika, (2) mengetahui hubungan antara efikasi diri terhadap literasi matematika, dan (3) mengetahui hubungan antara disposisi matematis dan efikasi diri terhadap literasi matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes untuk literasi matematika dan instrumen angket untuk disposisi matematis dan efikasi diri. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, korelasi, dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis terhadap literasi matematika. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri terhadap literasi matematika, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dan efikasi diri secara simultan (bersama-sama) terhadap literasi matematika. Batasan dalam penelitian adalah penelitian ini dilakukan di kelas VIII J dengan gender yang sama, konten literasi matematika yang digunakan adalah space and shape pada materi teorema pythagoras, dan literasi matematika diukur berdasarkan tujuh indikator kemampuan dasar. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan, memberikan informasi/referensi bagi peneliti selanjutnya, dan memberikan gambaran khususnya bagi guru matematika tingkat sekolah menengah agar dapat memberikan pengarahan kepada siswanya dalam hal meningkatkan disposisi matematis, efikasi diri, dan literasi matematika, serta dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan rencana pembelajaran. Kata kunci: Disposisi matematis, Efikasi diri, Literasi matematika

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:15
Last Modified: 08 Aug 2024 03:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

View Item View Item