PENERAPAN KONTEN DIGITAL DALAM E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

SIITI RAHMAH, (2024) PENERAPAN KONTEN DIGITAL DALAM E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105070_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008105070_2_bab1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
2008105070_6_bab5.pdf

Download (377kB)
[img] Text
2008105070_7_dafpus.pdf

Download (338kB)

Abstract

Pendidikan berbasis teknologi telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan munculnya platform e-learning. Salah satu aspek penting dari pendidikan yang terus berkembang adalah kemampuan berpikir kritis. Memperbaiki kemampuan berpikir kritis matematis siswa menjadi tantangan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis sebelum dan sesudah penerapan konten digital dalam e-elarning, 2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan konten digital dalam e-elarning, 3) mengetahui hubungan keaktifan siswa dan kemampuan berpikir kritis matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sequential explanatory merupakan metode kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan melalui desain eksperimental yaitu siswa yang terlibat dalam pembelajaran menggunakan konten digital dilibatkan dalam aktivitas e-learning yang dicatat melalui fitur log activity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya perbedaan antara kemampuan berpikir kritis matematis sebelum dan sesudah penerapan konten digital dalam e-learning. Ditemukan bahwa log activity memberikan wawasan tambahan tentang proses pembelajaran, membantu pengajar dalam menyesuaikan pendekatan pembelajaran, dan merangsang partisipasi aktif siswa. 2) respon siswa terhadap media konten digital dalam kategori positif dengan persentase 69% dan dari hasil respon siswa ini diketahui konten digital pamflet dan video lebih unggul dibandingkan dengan konten digital pdf. 3) hasil pengujian diperoleh nilai sig 0,329>0,05 artinya tidak ada hubungan keaktifan siswa terhadap penerapan konten digital dalam e-learning dan kemampuan berpikir kritis matematis. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan lebih lanjut dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika dengan memanfaatkan potensi konten digital. Kata kunci: Konten digital, E-learning, Kemampuan berpikir kritis matematis, Fitur log activity.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:57
Last Modified: 08 Aug 2024 03:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14091

Actions (login required)

View Item View Item