PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PEMBAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS II MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN KAB. CIREBON 2020/2021

Mariyatul Qibtiyah, (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PEMBAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS II MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN KAB. CIREBON 2020/2021. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1708107025_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708107025_2_bab1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
1708107025_6_bab5.pdf

Download (296kB)
[img] Text
1708107025_7_dafpus.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan masih adanya siswa kelas II yang belum berhasil dalam proses pembelajaran matematika disekolah. Hasil belajar siswa rendah terbukti dari perolehan siswa pada saat penilaian ulangan harian pada materi pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon murid terhadap penggunaan media pembelajaran papan pembagian matematika materi operasi hitung pembagian dikelas II MI Al Washliyah Perbutulan Kab. Cirebon. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Desaign: Nonequivalent Control Group .Teknik pengumpulan data menggunakan, angket dan tes. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji N-gain, uji independent sample t test, uji determinasi, uji koefisien regresi dan uji t (uji hipotesis). Hasil angket respos siswa terhadap penggunaan media pembelajaran papan pembagian menunjukkan nilai rat-rata dari kategori pernyataan positif yang menyatakan ya sebanyak 89% dan yang menyatakan tidak sebanyak 11%. Sedangkan nilai rata-rata pada kategori pernyataan negative yang menyatakan ya sebanyak 20% dan yang menyatakan tidak sebanyak 80%. Hal ini menujukkan bahwa sebagian besar siswa memberi tanggapan ya dan menunjukkan bahwa media papan pembagian masuk kategori baik. Pada penelitian ini hasil belajar matematika siswa materi pembagian yang diajarkan dengan media papan pembagian memiliki nilai posttest minimum sebesar 67 dan nilai maksimum sebesar 100 dengan rata-rata posttest siswa sebesar 81, 5 maka menunjukkan kriteria B (baik). Sedangkan, bahwa hasil belajar matematika siswa materi pembagian yang diajarkan dengan tanpa media memiliki nilai posttest minimum sebesar 60 dan nilai maksimum sebesar 93 dengan rata-rata posttest siswa sebesar 73,73 maka menunjukkan kriteria C (cukup). Hasil analisis "uji t (uji hipotesis)" menyatakan bahwa nilai 5.369 > nilai 1.712 dan nilai signifikannya < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran papan pembagian terhadap hasil belajar matematika materi pembagian di kelas II MI Al Washliyah Perbutulan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:17
Last Modified: 08 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item View Item