PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MINAT BACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD IT ALIEF MARDHIYAH KABUPATEN CIREBON

ZIAH PANDANI, (2024) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MINAT BACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD IT ALIEF MARDHIYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008107021_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107021_2_bab1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
2008107021_6_bab5.pdf

Download (113kB)
[img] Text
2008107021_7_dafpus.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini membuat siswa cenderung belum mampu mengorganisasikan materi dan belum memiliki konsep-konsep pokok yang akan siswa pelajari. Sehingga dapat menghambat proses pembelajaran yang berdampak pada peserta didik kurang berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan model reciprocal teaching terhadap minat baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD IT Alief Mardhiyah Kabupaten Cirebon. Model reciprocal teaching merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, karena model ini yang membuat siswa giat membaca serta mendorong siswa mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh kegiatan membaca dan pembelajaran efektif, seperti merangkum, bertanya, mengklarifikasi, memprediksi, dan merespon apa yang dibacanya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model reciprocal teaching pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD IT Alief Mardhiyah Kabupaten Cirebon. (2) mengetahui minat baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD IT Alief Mardhiyah Kabupaten Cirebon. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh model reciprocal teaching terhadap minat baca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD IT Alief Mardhiyah Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh siswa kelas V SD IT Alief Mardhiyah Kabupaten Cirebon yang berjumlah 23 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model reciprocal teaching pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD IT Alief Mardhiyah Kabupaten Cirebon dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru memperoleh skor sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Skor angket minat baca siswa sebesar 71,1% dan termasuk dalam kategori kuat. Terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap minat baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD IT Alief Mardhiyah Kabupaten Cirebon yaitu dengan nilai Sig. (0.000) < probabilitas 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya ada pengaruh antara penggunaan model reciprocal teaching terhadap minat baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD IT Alief Mardhiyah Kabupaten Cirebon. Pada uji N-Gain didapatkan skor 0,54 artinya peningkatan rata-rata indeks pretest dan posttest termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching, Minat Baca, Pembelajaran Bahasa Indonesia

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:32
Last Modified: 08 Aug 2024 06:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item