PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Nadia Dwi Anggraeni, (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARATIF SISWA SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008107064_1_cover.pdf

Download (401kB)
[img] Text
2008107064_2_bab1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
2008107064_6_bab5.pdf

Download (171kB)
[img] Text
2008107064_7_dafpus.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis yang disebabkan oleh kecenderungan siswa yang kesulitan merangkai kata-kata menjadi kalimat, terutama dalam hal pengembangan keterampilan menyusun ide secara terstruktur dan menyampaikan informasi dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)di sekolah dasar, menganalisis kemampuan menulis teks naratif siswa, dan mengetahui pengaruh menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media booklet terhadap kemampuan menulis naratif siswa Sekolah Dasar. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental, menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui observasi, pre-test, dan post-test, dengan analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, hipotesis, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media booklet menggunakan lembar observasi guru kelas eksperimen memperoleh presentase 91,6% termasuk kategori sangat baik. Hasil tes kemampuan menulis naratif kelas eksperimen menunjukan rata-rata pre-test 46,76 dan post-test 64,41. Kemudian diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan hasil perolehan nilai effect size menunjukan nilai - 1,241 < 0,20 artinya berpengaruh kecil atau rendah. Uji N-Gain pada kelas eksperimen didapatkan skor 0,33 artinya peningkatan rata-rata nilai tes termasuk kategori sedang. Kemampuan menulis naratif siswa dapat terlihat dari hasil rata-rata indikator penilaian. Pada aspek orientasi menunjukan rata-rata yang cukup tinggi, akan tetapi pada aspek ejaan, tanda baca dan kosa kata masih rendah. Implikasi dari penelitian ini salah satunya ialah peningkatan kualitas pembelajaran kemampuan menulis naratif siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media booklet terhadap kemampuan menulis naratif siswa Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write, Media Booklet, Kemampuan Menulis Naratif

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:14
Last Modified: 08 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item