Nur Aziza Tusshoparoh, (2024) Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MTs Negeri 7 Majalengka. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1808104076_1_cover.pdf Download (990kB) |
|
Text
1808104076_2_bab1.pdf Download (200kB) |
|
Text
1808104076_6_bab5.pdf Download (104kB) |
|
Text
1808104076_7_dafpus.pdf Download (241kB) |
Abstract
Pembelajaran yang efektif merupakan kunci utama dalam mencapai hasil belajar yang optimal bagi siswa. Dengan memperkenalkan konsep Brain Based Learning yang berfokus pada pemahaman tentang bagaimana otak manusia belajar, serta memanfaatkan media pembelajaran yang menarik seperti TTS, penelitian ini berupaya untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantuan media pembelajaran Teka�Teki Silang (TTS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Negeri 7 Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain pre-test post-test control group. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Majalengka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan sebelum penerapan model pembelajaran, sedangkan post-test dilakukan setelah penerapan model pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui perangkat lunak statistik SPSS untuk membandingkan rata-rata nilai post-test. Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning pada Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) pada pembelajaran IPS bagi siswa kelas VII MTs Negeri 7 Majalengka telah menunjukkan potensi yang positif dengan respon positif (79,5%) dari siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ini. Setelah menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning dengan Bantuan Teka�Teki Silang, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 12 menjadi 17 siswa (79,5%), sementara siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar mengalami penurunan dari 13 menjadi 8 siswa. Dari uji linieritas, nilai Fhitung = 5.198 menunjukkan bahwa distribusi data yang diteliti dapat digunakan untuk memprediksi variabel tersebut, menunjukkan bahwa model regresi memiliki pengaruh antara pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS. Hasil Belajar Siswa Setelah Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning dengan Bantuan Teka-Teki Silang menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar, serta penggunaan Model Pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Brain Based Learning, Teka Teki Silang
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 15:22 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 15:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14216 |
Actions (login required)
View Item |