Hamdan Syakirin, (2024) Penerapan Media Gambar Berupa Peta Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTS As-Shidiqiyyah Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1908104125_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908104125_2_bab1.pdf Download (386kB) |
|
Text
1908104125_6_bab5.pdf Download (313kB) |
|
Text
1908104125_7_dafpus.pdf Download (369kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi evaluasi pembelajaran juga tidak luput dari kondisi yang dialami siswa maupun suasana di dalam kelas saat pembelajaran dimulai maka dari itu adanya evaluasi ini berperan sangat penting, ketika seoramg guru tidak melakukan evaluasi di setiap selesai mengajar maka para siswa akan memiliki rasa dan fikiran bahwasnya beajar adalah suatu kegiatan yang membosankan dan para itulah tugas guru dan dengan adanya evaluasi pembelajaran pihak sekolah,pemerintah mengharapkan suasana belajar setiap harinya berubah dan menjadi lebih baik seiring waktu, siswa tidak memiliki motivasi tertentu dalam mengikut pembelajaran yang ada Tujuan penelitian ini agar mengetahui bagaima perencanaan evaluasi pembelajaran sebelum pelaksanaan evaluasi pembelajaran, bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran dilapangan, dan apa saja factor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan serta perencanaan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini berlandaskan/bertolak pada pokok-pokok yang sudah di bahas yaitu mengenai Implementasi evaluasi pembelajaran dalam meningatkan motivasi belaajr siswa pada mata pelajaran ips, yang dimana dengan adanya evaluasi pembelajaran ini para guru bisa memahami bagaimana suasana belajar untuk para siswa agar mudah menerima ilmu yang disampaikan. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diambil untuk wawancara yaitu berbagai masyarakat yang seringkali bersinggungan dengan kehidupan remaja. Penerapan evaluasi pembelajaran di MTS As-Shiddiqiyyah sudah diterapkan dengan baik dan bisa menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terutama dalam mata pelajaran IPS yang sebelumnya evaluasi pembelajaran tidak difokuskan dan tidak menjadi acuan dalam membentuk seuasana belaajr di dalam kelas dan memberikan motivasi beelajar siswa. Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, IPS, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 02:32 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 02:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14222 |
Actions (login required)
View Item |