Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di MTsN 4 Kabupaten Cirebon

Rohmawati, (2024) Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di MTsN 4 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008104001_1_cover.pdf

Download (854kB)
[img] Text
2008104001_2_bab1.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2008104001_6_bab5.pdf

Download (112kB)
[img] Text
2008104001_7_dafpus.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan kurangnya keaktifan belajar atau tidak bergairah pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga belum menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Dalam hal ini guru harus berupaya mendorong siswa untuk semangat dan aktif dalam belajar bahkan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX di MTsN 4 Cirebon 2) mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX di MTsN 4 Cirebon 3) membuktikan adanya pengaruh tingkat motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IX di MTsN 4 Cirebon. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal seperti motivasi belajar dan keaktifan belajar. Motivasi belajar mempunyai fungsi mendorong seseorang untuk bertindak dan memberikan arahan terhadap kegiatan belajar. Sedangkan, keaktifan belajar merupakan kegiatan atau perilaku yang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan ditandai adanya keterlibatan siswa secara aktif seperti mengajukan pertanyaan, pendapat, mengerjakan tugas�tugas dan dapat bekerja sama dengan siswa lain, serta tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional kuantitatif. Lokasi penelitian ini di MTsN 4 Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 279 siswa, dengan pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik proportional random sampling yaitu kelas IX A sampai I sebanyak 164 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi sederhana dan berganda, koefisien dterminasi berganda, regresi sederhana dan berganda dengan menggunakan uji F (simultan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pada motivasi belajar siswa kelas IX di MTsN 4 Cirebon termasuk dalam kategori “Baik” dengan angka persentase sebesar 74,44% dengan angka skala uji prosentase yakni 55%- 74%. Adapun keaktifan belajar siswa kelas IX di MTsN 4 Cirebon termasuk dalam kategori “Baik Sekali” dengan angka persentase sebesar 76,41% dengan angka skala uji prosentase 75%-100%. 2) Pada prestasi belajar siswa kelas IX di MTsN 4 Cirebon termasuk dalam kategori “Baik Sekali” dengan nilai tertinggi sebesar 97 dan nilai terendah sebesar 85, serta nilai rata-rata sebesar 90,85. 3) terdapat pengaruh secara bersamaan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTsN 4 Cirebon. Dilihat dari hasil uji simultan (uji F) yaitu nilai Fhitung > Ftabel (93.278 > 1.974) dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 02:58
Last Modified: 11 Aug 2024 02:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14228

Actions (login required)

View Item View Item