Siti Nur Khodijah, (2024) Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Antara Penerapan Penilaian Berbantuan Media Wordwall Dengan Media Konvensional Pada Mata Pelajaran Ips Di SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
2008104028_1_cover.pdf Download (718kB) |
|
Text
2008104028_2_bab1.pdf Download (149kB) |
|
Text
2008104028_6_bab5.pdf Download (139kB) |
|
Text
2008104028_7_dafpus.pdf Download (254kB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini sebagian siswa-siswi memiliki motivasi yang rendah dalam belajar karena cenderung bersifat monoton dalam belajar dan tidak memiliki gairah yang baik dalam mengikuti pembelajaran. Bahkan pada sebagian memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian berbantuan media wordwall dan media konvensional, mengetahui motivasi belajar siswa kelas VIII setelah diterapkannya penilaian media wordwall dan media konvensional dan seberapa besar perbedaan motivasi belajar siswa kelas VIII E yang diterapkan penilaian media wordwall dan kelas VIII F yang diterapkan media konvensional pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon. Rendahnya motivasi belajar tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, Oleh karena itu perlu untuk guru melakukan inovasi dalam media penilaian atau evaluasi pembelajaran. Adanya media penilaian pembelajaran yang menarik dan inovatif akan menjadi salah satu solusi untuk permasalahan ini. Salah satu media penilaian pembelajaran interaktif yaitu wordwall. Wordwall adalah media pembelajaran berupa kumpulan games yang dapat digunakan sebagai media belajar serta dapat dijadikan sebagai alat penilaian yang menarik (Sari & Yarza, 2021). Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, artinya data yang dikumpulkan berupa data hasil pengukuran dan perhitungan angka-angka yang kemudian digeneralisasi. Metode yang digunakan yaitu eksperimen kuasi (quasi experimental design) dengan desain dua kelompok (between subject design). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh tingkat motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak adanya perbedaan. Di mana kelas eksperimen yang menggunakan media penilaian wordwall dengan fitur roda berputar memperoleh nilai rata-rata 41,7097 dan kelas kontrol yang menggunakan media penilaian konvensional dengan tes tulis memperoleh 39,7742 Oleh karena itu, pernyataan yang ada dalam penelitian ini adalah benar berdasarkan hasil pengujian data dengan independent sample t-test. Kemudian, untuk hasil dari uji hipotesis, nilai tHitung 1,651 dan nilai tTabel 1,67203. Dimana nilai tHitung lebih kecil dari nilai tTabel (1,651<1,67203). Dengan taraf signifikansi 0,05.Oleh karena itu Ha dalam penelitian ini ditolak dan H0 dalam penelitian ini diterima. Dengan interpretasi tidak adanya perbedaaan motivasi belajar antara yang menggunakan media penilaian wordwall dengan fitur roda berputar dan yang menggunakan media penilaian konvensional dengan tes tulis. Kata kunci: Motivasi Belajar, Media Penilaian Wordwall dan Konvensional
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 04:20 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 04:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14235 |
Actions (login required)
View Item |