MENGEMBANGKAN KARAKTER KREATIF ANAK USIA DINI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI TK TERATAI KOTA CIREBON

DION PRATAMA ADITYAWARMAN, (2024) MENGEMBANGKAN KARAKTER KREATIF ANAK USIA DINI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI TK TERATAI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1908108040_1_cover.pdf

Download (625kB)
[img] Text
1908108040_2_bab1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
1908108040_6_bab5.pdf

Download (240kB)
[img] Text
1908108040_7_dafpus.pdf

Download (312kB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini terus mengalami transformasi dengan perkembangan pesat dalam media pembelajaran, khususnya yang berbasis video animasi. Latar belakang penelitian ini adalah karena pentingnya pembelajaran media video animasi di sekolah, yang memungkinkan guru untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menarik minat dan kreativitas anak. Video animasi merupakan media yang dapat dimanfaatkan kelebihannya dalam mengembangkan karakter kreatif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan dan peran media video animasi terhadap karakter kreatif anak usia dini dengan memanfaatkan media video animasi di TK Teratai. Serta untuk mengetahui peran guru dalam memanfaatkan video animasi dalam mengembangkan karakter kreatif anak usia dini di TK Teratai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek utama dalam Penelitian ini adalah murid dan guru kelas di TK Teratai Kota Cirebon Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa penggunaan video animasi dalam pembelajaran dapat membuat anak merasa tertarik dan lebih fokus terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Peran video animasi dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan karakter kreatif anak usia dini terhadap pembelajaran yang dilakukan di TK Teratai Cirebon. Peran guru dalam memanfaatkan video animasi adalah bertindak sebagai fasilitator. Guru lebih menggunakan metode mengajar yang bervariasi, dapat disajikan secara lebih interaktif dan menarik. Penggunaan video animasi pembelajaran memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam mengembangkan karakter kreatif anak. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Karakter Kreatif, Media Video Animasi,

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:34
Last Modified: 12 Aug 2024 02:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item