EKSISTENSI KESENIAN GRUP HADRAH AL-FIKRI MANAGEMENT DALAM PENYEBARAN HADRAH AL BANJARI DI DESA WERU KIDUL KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON

AHMAD MUQTAFIN, (2024) EKSISTENSI KESENIAN GRUP HADRAH AL-FIKRI MANAGEMENT DALAM PENYEBARAN HADRAH AL BANJARI DI DESA WERU KIDUL KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM.

[img] Text
2008301042_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008301042_2_bab1.pdf

Download (419kB)
[img] Text
2008301042_6_bab5.pdf

Download (206kB)
[img] Text
2008301042_7_dafpus.pdf

Download (361kB)

Abstract

Kesenian Hadrah Al-Banjari merupakan salah satu kesenian Islam di Indonesia di mana dari awal munculnya hingga sekarang sudah banyak yang menekuni kesenian tersebut, tetapi ada suatu hal yang belum banyak mereka pahami di antaranya mengenai cara atau teknik memainkan alat musik tersebut. hal ini mengakibatkan kurangnya penyebaran kesenian Al-Banjari (secara benar dan tepat) khususnya di Kabupaten Cirebon. Eksistensi kesenian grub Hadrah Al-Fikri di Desa Weru Kidul memainkan peranan penting dalam penyebaran seni Hadrah di daerah tersebut. Eksistensi mereka adalah: penampilan grub, aktivitas media sosial, rutinitas bulanan, pertunjukkan lingkungan masyarakat Weru Kidul. Penelitian ini menggunakan teori eksistensialisme aliran yang melihat manusia pada eksistensinya, yakni sejauh mana keberadaannya diakui oleh masyarakat sekitarnya. Metode penelitian yang dilakukan secara akademis melalui metode penelitian sejarah dengan 4 tahapan; heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini adalah, Grup Hadrah Al-fikri Management memiliki komitmen yang kuat dalam memelihara dan melestarikan budaya lokal, Mereka berkomitmen untuk memberikan pelatihan, pendidikan, dan dukungan kepada anggota grup serta masyarakat umum yang tertarik untuk terlibat dalam seni Hadrah Al-Banjari khususnya Desa Weru Kidul.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Sejarah Kebudayaan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:24
Last Modified: 15 Aug 2024 07:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14355

Actions (login required)

View Item View Item