Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Kabupaten Cirebon

Irna Siti Nuraeni, (2024) Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109042_1_cover.pdf

Download (967kB)
[img] Text
2008109042_2_bab1.pdf

Download (830kB)
[img] Text
2008109042_6_bab5.pdf

Download (253kB)
[img] Text
2008109042_7_dafpus.pdf

Download (479kB)

Abstract

Kurikulum di Indonesia mengalami banyak perkembangan seiring dengan berkembangnya kondisi negara, dan yang terbaru adalah kurikulum merdeka, perubahan kurikulum yang dilakukan dalam kurun waktu yang singkat tentu akan memberikan dampak pada implementasinya di sekolah. Di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon ini terjadi beberapa perubahan pada kinerja guru akibat adanya kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kurikulum merdeka belajar, kinerja guru serta pengaruh kurikulum merdeka belajar terhadap kinerja guru di MTs Nergeri 3 Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan ini adalah 47 guru MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sebagai berikut : (1) Perubahan kurikulum merdeka belajar di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon berada di kategori sangat baik karena berada pada interval 76% - 100% dengan nilai 86,5%. (2) Kinerja guru di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon berada kategori sangat baik karena berada pada interval 76% - 100% dengan nilai 86,75%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kurikulum Merdeka Belajar (X) terhadap Kinerja Guru (Y), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai korelasi 0,708. Besarnya pengaruh yang diberikan Kurikulum Merdeka Belajar (X) terhadap Kinerja Guru (Y), yaitu sebesar 50,1%, sedangkan sisanya 49,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kurikulum, Merdeka Belajar, Kinerja Guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:45
Last Modified: 16 Aug 2024 06:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14416

Actions (login required)

View Item View Item