Hanifah Nurdiyana, (2024) Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Karakter Santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Terisi Indramayu. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008109052_1_cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008109052_2_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008109052_6_bab5.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008109052_7_dafpus.pdf Download (2MB) |
Abstract
Manajemen peserta didik bukan hanya pengelolaan peserta didik dari awal masuk sampai dengan peserta didik menyelesaikan pendidikannya, lebih dari itu manajemen peserta didik juga suatu proses pembinaan karakter peserta didik selama berada di lingkungan pendidikan. Pondok pesantren dipercaya sebagai lembaga pengembangan dan pendidikan karakter karena mereka tinggal di dalam satu asrama bersama dengan mendalami ilmu agama dan mereka juga terbiasa mandiri dan bertanggung jawab untuk mengurusi dirinya sendiri dan saling membantu temannya yang berada di dalam asrama sehingga mereka terbiasa untuk hidup bermasyarakat. Saat ini kepribadian para Peserta didik telah menjadi topik pembicaraan yang terus-menerus diperdebatkan oleh orang tua, pengajar, masyarakat, dan pemerintah. Perkembangan lingkungan dan kemajuan teknologi komunikasi telah berdampak tidak hanya positif, tetapi juga berdampak negatif pada pembentukan kepribadian santri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen peserta didik dalam meningkatkan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Terisi Indramayu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam, observasi mendalam dan dokumentasi mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Proses analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Proses pelaksanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Terisi Indramayu dimulai dengan proses perencanaan progran untuk meningkatkan karakter seperti kegiatan sehari-hari yang terjadwal, ekstrakulikuler, membikin beberapa peraturan yang harus ditaati oleh santri, membuat program kerja bagi pegurus, dan menyusun visi dan misi. Untuk proses pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum didukung oleh kegiatan sehari�hari yang terjadwal dengan baik. Kegiatan tersebut secara tidak langsung menanamkan nilai-nilai karakter terhadap santri. Penekanan pada peraturan dan pembiasaan yang dilakukan setiap hari di lingkungan pesantren, menjadi faktor penting dalam membentuk dan meningkatkan karakter santri. Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik, Karakter Santri
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 07:14 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 07:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14423 |
Actions (login required)
View Item |