Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Sunan Gunungjati Losari

Abdun haqiqi, (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Sunan Gunungjati Losari. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada tahap awal sangat membantu meningkatkan efektivitas dan pemahaman materi. Media pembelajaran juga membangkitkan minat dan motivasi siswa. siswa tertarik dan menggunakan media pembelajaran, hasil belajar mereka kemungkinan akan meningkat. Dengan kata lain media pembelajaran memiliki berhubungan dengan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang media pembelajaran berbasis android, minat belajar, hasil belajar dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap minat belajar dan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X MA Sunan Gunungjati Losari. Peneliti menggunakan metode kuantitatif Reseach and Development dengan mengumpulkan data dengan kuesioner dan test, kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis, peengembangan media pembelajaran berbasis android berada pada kategori baik dengan besaran 89,8%. Minat belajar berada pada kategori baik yaitu sebesar 81,2%. sedangkan hasil belajar siswa didapatkan nilai rata-ata atau mean kelas eksperimen pretest= 38.24 dan posttest= 83,09. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest= 38,24 dan posttets= 59,71. Terdapat pengaruh antara pengembangan media pembelajaran berbasis android terhadap minat belajar siswa dengan korelasi sebesar 23,4% yang menunjukkan korelasi yang rendah dan Terdapat pengaruh antara pengembangan media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar siswa dengan korelasi yang mencapai 23,8% yang menunjukkan korelasi yang rendah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:26
Last Modified: 22 Aug 2024 03:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14500

Actions (login required)

View Item View Item