Indah Nurlatifah, (2024) Analisis Etika Bisnis Toko Faizz Shop Subang Dalam Jual Beli Busana Secara Online Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
1908202001_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1908202001_2_bab1.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
1908202001_6_bab5.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
1908202001_7_dafpus.pdf Download (295kB) |
Abstract
Modernisasi dan teknologi dalam era globalisasi 4.0 telah mengubah perilaku perniagaan, termasuk praktik jual beli yang kini banyak dilakukan secara online. Dalam konteks ini, etika bisnis Islam sangat penting untuk memastikan kejujuran dan transparansi dalam transaksi, terutama ketika pembeli tidak dapat melihat barang secara fisik. Toko Faizz Shop Subang, yang memanfaatkan media digital untuk pemasaran, perlu menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis untuk menghindari ketidakpuasan konsumen akibat ketidaksesuaian antara produk yang diiklankan dan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi perumusan masalah: “Bagaimana etika bisnis Toko Faizz Shop Subang dalam jual beli busana secara online dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus di Toko Faizz Shop Subang untuk mengeksplorasi aspek operasional dan strategi pemasaran. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi dari sumber primer dan sekunder, termasuk media sosial toko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Faizz Shop Subang telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis yang baik, seperti kejujuran, otonomi, dan keadilan, tercermin dalam keterbukaan informasi produk dan hubungan saling menguntungkan dengan pelanggan serta pemasok. Strategi pemasaran yang efektif mencakup produk berkualitas, harga kompetitif, promosi melalui media sosial, dan lokasi strategis, mencerminkan adaptasi terhadap pasar modern dan prinsip ekonomi syariah. Selain itu, toko ini memastikan transaksi yang adil dan transparan serta berkomitmen pada tanggung jawab sosial, sehingga tidak hanya mengejar keuntungan finansial tetapi juga kesejahteraan sosial dan keseimbangan antara tujuan duniawi dan spiritual. Kata Kunci: Etika, Bisnis, Jual Beli, Online
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah) |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 08:14 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 08:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |