Astri Maulida Zahra, (2024) Strategi Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Haji Dan Umroh(Studi Kasus KBIHU Badrul Munir). Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108202063_1_cover.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
2108202063_2_bab1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108202063_6_bab5.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
2108202063_7_dafpus.pdf Download (933kB) |
Abstract
Pelaksanaan bimbingan KBIHU Badrul Munir Kalitanjung Kota Cirebon tentunya mengupayakan agar bimbingan yang diberikan kepada calon jamaah berupa bimbingan yang berkualitas baik. Untuk itu KBIHU Badrul Munir Kalitanjung Kota Cirebon merumuskan dan memilih beberapa strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan mengenai permasalahan yang diteliti kemudian dianalisis untuk mengetahui strategi pelayanan bimbingan manasik haji ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan haji dan umroh pada KBIHU Badrul Munir. Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui strategi pelayanan bimbingan manasik haji di KBIHU Badrul Munir. Kedua, untuk mengetahui kendala dalam peningkatan pelayanan bimbingan manasik haji di KBIHU Badrul Munir. Ketiga, untuk mengetahui pelayanan bimbingan manasik haji pada KBIHU Badrul Munir dalam perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh. Hasil dari penelitian ini adalah pertama pelayanan bimbingan manasik haji kepada jamaah di KBIHU Badrul Munir sudah memiliki pelayanan yang sempurna, kerena sudah memenuhi standar pelayanan yang baik hal ini juga dapat di lihat dari peningkatan jamaah dari tahun ke tahun. Kedua, kendala pelayanan bimbingan manasik haji di KBIHU Badrul Munir yaitu: Adanya jamaah haji yang memiliki risiko tinggi, baik karena kondisi kesehatan yang kurang baik maupun usia yang sudah lanjut, menjadi perhatian penting dalam pelaksanaan ibadah haji dan adanya jamaah haji dengan tingkat pendidikan rendah. Ketiga, bahwa KBIHU Badrul Munir telah menerapkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh seperti adanya pelayanan bimbingan bagi jamaah haji yang dilakukan secara aman, nyaman, tertib dan sesuai dengan ketentuan syariat. Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Bimbingan Manasik Haji, Undang-Undang
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah) |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:25 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 07:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |