Wafa Cahyani Kahfi, (2024) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Melakukan Pinjaman Online (Study Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203179_1_cover.pdf Download (698kB) |
![]() |
Text
2108203179_2_bab1.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
2108203179_6_bab5.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
2108203179_7_dafpus.pdf Download (336kB) |
Abstract
Pinjaman online adalah bentuk layanan keuangan yang menghubungkan pihak yang membutuhkan pinjaman (borrower) dengan pihak yang memberikan pinjaman (lender) melalui platform digital. Kemudahan akses yang ditawarkan oleh layanan pinjaman online , di mana pengajuan dapat dilakukan secara instan melalui aplikasi dengan sedikit persyaratan, menjadi salah satu faktor utama yang menarik perhatian mahasiswa. Faktor ini diperkuat oleh gaya hidup konsumtif yang cenderung berkembang di kalangan mahasiswa, terutama dengan adanya pengaruh media sosial dan trend budaya konsumsi digital. Mahasiswa, yang sering kali mengalami keterbatasan finansial, melihat pinjaman online sebagai solusi cepat untuk memenuhi kebutuhan, baik untuk keperluan pendidikan maupun gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aksesibilitas platform pinjaman, promosi, dan perilaku konsumtif terhadap pinjama online baik secara parsial maupun secara simultan Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 41 item pertanyaan yang dinilai dengan skala likert 1-5. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan IBM SPSS 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Aksesibilitas platform pinjaman memiliki pengaruh signifikan, dilihat pada nilai t-hitung sebesar 3,364 lebih besar dari t-tabel dan nilai sig 0,000 kurang dari 0,05. Hal ini salah satu faktornya bahwa layanan pinjaman online sebagai sarana yang dapat memudahkan bagi para responden untuk bertransaksi dengan segala kondisi dan di manapun tempatnya. Dan variabel promosi pada penelitian ini tidak memiliki pengaruh yang signifikan dilihat pada nilai t-hitung sebesar 1,017 lebih kecil dar t-tabel dan nilai sig 0,312 lebih besar dari 0,05. Hal ini faktor yang mempengaruhi negatif signifikan salah satunya hubungan kurang baik antara pelanggan dengan penjual. Lalu pada variabel perilaku konsumtif memiliki pengaruh signifikan dilihat pada nilai tabel t-hitung sebesar 3,302 lebih besar dari t-tabel dan nilai sig 0,001 lebih kecil dari 0,05. Salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu keinginan konsumtif yang tinggi, yang didasarkan pada kebutuhan untuk memenuhi gaya hidup, tren sosial, atau dorongan psikologis seperti keinginan untuk mendapatkan kepuasan instan. Begitu pula variabel Aksesibilitas platform pinjaman, promosi, dan perilaku konsumtif secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan dilihat pada nilai f-hitung sebesar 11.216 lebih besar dari pada f-tabel sebesar 3,09 dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin mudah diakses platform pinjaman, semakin menariknya promosi serta semakin kuatnya periaku konsumtif mahasiswa semakin besar pula minat mereka menggunakan layanan pinjaman online. Kata kunci : Faktor-faktor, Pinjaman online, mahasiswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 07:50 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |