SYAHRUL RAMADHAN, (2024) ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TINGKAT SMA DI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.
![]() |
Text
1908106038_1_cover.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
1908106038_2_bab1.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
1908106038_6_bab5.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
1908106038_7_dafpus.pdf Download (33kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan terutama pendidikan, maka teknologi bukan lagi sekedar faktor pendukung melainkan salah satu kunci utama dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran biologi. Melihat fakta bahwa dalam kegiatan aktivitas internet peserta didik indonesia belum memaksimalkan dengan baik. Melihat laporan survey literasi digital tahun 2020 oleh kata data Insight Center sebanyak 39% responden menyatakan tidak pernah menggunakan akses layanan pendidikan. Angka yang cukup besar untuk dikatakan sebagai melek digital. Penguasaan literasi digital dalam konteks pembelajaran biologi dapat mengefisienkan, memudahkan, dan menguatkan proses hasil pendidikan. Literasi digital mampu meningkatkan kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk menganalisis bagaimana keterampilan literasi digital peserta didik di SMA 8 Kota Cirebon 2) untuk menganalisis bagaimana keterampilan literasi digital peserta didik di SMA Telekomunikasi Sekar Kemuning Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan angket dan wawancara dengan populasi penelitian peserta didik kelas XII di SMAN 8 Kota Cirebon dan SMA Telekomunikasi Sekar Kemuning. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) keterampilan literasi digital peserta didik di SMA Negeri 8 Kota Cirebon berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 64,66, Kompetensi internet searching memiliki nilai rata-rata 65% berada pada kategori baik, kompetensi hypertextual navigation berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 61%, kompetensi content evaluation berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 65% dan kompetensi knowledge assembly berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 66%. 2) Keterampilan literasi digital peserta didik SMA Telekomunikasi Sekar Kemuning memiliki niai rata-rata sebesar 63,69, Pada kompetensi internet searching berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 56%, pada kompetensi hypertextual navigation berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 62%, kemudian pada content evaluation berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 65% dan pada kompetensi knowledge assembly berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 68%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 05:40 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 05:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |