Fitri Padilah Pratama, (2024) PENERAPAN MODEL RESEARCH BASED LEARNING (RBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.
![]() |
Text
1908106109_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1908106109_2_bab1.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
1908106109_6_bab5.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
1908106109_7_dafpus.pdf Download (272kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis berperan penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan di abad 21, karena siswa harus mampu mengembangkan dan memiliki wawasan pemahaman yang mendalam untuk menganalisis, mengevaluasi yang ada di dalam konsep-konsep pembelajaran biologi mapupun yang ada di dalam kehidupan. Oleh karena itu,penerapan model Research Based Learning (RBL) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Research Based Learning (RBL ) pada materi ekosistem, menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem menggunakan model pembelajaran Research Based Learning (RBL), menjelaskan respon siswa terhadap penerapan Research Based Learning (RBL) pada materi ekosistem. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil aktivitas belajar siswa terdapat perbedaan peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua dilihat dari hasil presentase nilai rata-rata pertemuan pertama sebesar 85% dan pertemuan kedua 87% dengan kategori sangat baik. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, terbukti berdasarkan hasil uji beda yang menunjukkan nilai Sig. 0,001 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Pembelajaran dengan menerapkan model Research Based Leaning (RBL) memiliki respon positif dari siswa, dimana pada butir pernyataan positif mendapat kriteria sangat baik dengan perolehan rata-rata presentase sebesar 82% dan butir pernyataan negatif mendapat kriteria baik dengan perolehan rata-rata presentase sebesar 72%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 05:45 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 05:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |