PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLANATION (POE) PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MADRASAH ALIYAH AGAMA ISLAM

Siti Khoiriyah, (2024) PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLANATION (POE) PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MADRASAH ALIYAH AGAMA ISLAM. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.

[img] Text
2008106011_1_cover.pdf

Download (337kB)
[img] Text
2008106011_2_bab1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2008106011_6_bab5.pdf

Download (79kB)
[img] Text
2008106011_7_dafpus.pdf

Download (222kB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi dalam salah satu sekolah yang terdapat di wilayah cirebon timur masih tergolong rendah. Diperlukan strategi pembelajaran yang dapat memicu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh model Predict-Observe-Explain (POE) pada materi virus terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis, untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi virus yang menerapkan Predict-Observe-Explain dan tidak menerapkan Predict-Observe-Explain, untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menerapkan Predict-Observe-Explain. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Agama Islam Mertapada dengan sampel kelas X1 dan kelas X2 dipilih dengan menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian bahwa aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh persentase rata-rata aktivitas selama proses pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) sebesar 80,3 dengan kualifikasi Baik Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hasil belajar siswa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan Predict-Observe-Explain (POE) dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Respon siswa pada implementasi model Predict-Observe-Explain (POE) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis sebagian besar memperoleh rata-rata persentase 90 %. Rata-rata seluruh siswa memberikan tanggapan positif dalam pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 17 Mar 2025 05:50
Last Modified: 17 Mar 2025 05:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item View Item