STRUKTUR TEKS ANEKDOT YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS X SMAN 3 CIREBON

Hasnaa Ari Qothrunnada, (2024) STRUKTUR TEKS ANEKDOT YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS X SMAN 3 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia.

[img] Text
1808110006_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808110006_2_bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
1808110006_6_bab5.pdf

Download (165kB)
[img] Text
1808110006_7_dafpus.pdf

Download (199kB)

Abstract

Pembelajaraan Bahasa indonesia di sekolah ada materi Teks Anekdot. Anekot merupakan suatu cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat. Menurut Bella 2012:204 berpendapat teks anekdot adalah yang memiliki sifat lucu dan bertujuan untuk menyindir seseorang atau kebiasaan buruk . kemudian pada Teks anekdot disini yaitu merumuskan struktur teks anekdot dan ciri kebahasaan pada teks anekdot.manfaat teks anekdot bagi siswa adalah mempu menyusun teks anekdot sesuai dengan strukturnya kemudian juga mampumenyusun ciri kebahasaan yang terdapat pada teks anekdot.manfaat struktur teks anekdot bagi guru adlah dapat memberikanmasukan mengenai struktur teks anekdot. Kemudian dapat dijadikan sebagai untuk mengasah siswa dalam membuat teks anekdot.manfaat peneliti agar membaga dan memahami teks anekdot yang dibuat oleh siswa serta mampu memberikan saran kepada siswa mengenai struktur teks anekdot. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan metode catat. Metode simak yang digunakan adalah simak bebas libat cakap karena hanya siswa yang terlibat dan memposisikan bahwa peneliti tidak terlibat dialog. Teknik analisis yang digunakan adalah metode padan. Berdasarkan hhasil struktur teks anekdot yang ditulis oleh siswa kelas X SMAN 3 Cirebon ada 12 siswa yng tidak mencantumkan struktur tidak lengkap sedangkan ada 19 siswa yang mencantumkan struktur lengkap. Berdasarkan ciri kebahasaan pada teks anekdot ada 24 siswa yang tidak mencantumkan ciri kebahasaan tidak lengkap. Sedangkan ada 7 siswa yang mencantumkan ciri kebahasaan lengkap. Hal ini bahwa ada 12 siswa kurang memahami struktur teks anekdot sedangkan 19 siswa memahami struktur teks anekdot. Sedangkan ada 7 siswa yang memahami ciri kebahasaan legkap

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:42
Last Modified: 18 Mar 2025 02:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15056

Actions (login required)

View Item View Item