ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL NAMAKU ALAM KARYA LEILA S. CHUDORI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL AJAR PEMBELAJARAN NOVEL

Angga Aditya, (2024) ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL NAMAKU ALAM KARYA LEILA S. CHUDORI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL AJAR PEMBELAJARAN NOVEL. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia.

[img] Text
2008110022_1_cover.pdf

Download (887kB)
[img] Text
2008110022_2_bab1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
2008110022_6_bab5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
2008110022_7_dafpus.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh utama dan nilai pendidikan karakter pada novel Namaku Alam karya Leila S. Chudori serta untuk mendeskripsikan pemanfaatannya sebagai modul ajar pembelajaran novel. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun tempat melakukan penelitian ini yaitu Perpustakaan. Sumber data pada penelitian ini yaitu novel Namaku Alam karya Leila S. Chudori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, simak dan catat. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Karakter tokoh utama pada Novel Namaku Alam karya Leila S. Chudori yaitu rasa bersalah 2,94%, rasa kesedihan 23,53%, rasa kebencian 11,76%, rasa tertekan 14,71%, rasa marah 11,76%, rasa cinta 35,30%. Nilai-nilai pendidikan karakter pada tokoh utama novel Namaku Alam karya Leila S. Chudori yaitu religius 7,5%, jujur 15%, toleransi 5%, disiplin 2,5%, kerja keras 10%, kreatif 2,5%, mandiri 2,5%, demokrasi 2,5%, rasa ingin tahu 7,5%, semangat kebangsaan 2,5%, cinta tanah air 2,5%, menghargai prestasi 5%, bersahabat/komunikatif 5%, cinta damai 7,5%, gemar membaca 5%, peduli lingkungan 2,5%, peduli sosial 10%, dan tanggung jawab 5%. Pemanfaatannya sebagai modul ajar pembelajaran novel terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia fase F kelas XI semester ganjil. Pemanfaatan hasil penelitian tersebut dimuat pada bagian evaluasi untuk peserta didik. Pada lembar kerja ini peserta didik mengidentifikasi karakter tokoh utama dan nilai pendidikan karakter pada penggalan novel Namaku Alam. Dengan adanya penelitian ini maka diperoleh modul ajar pembelajaran novel untuk pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F Kelas XI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:53
Last Modified: 18 Mar 2025 03:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15064

Actions (login required)

View Item View Item