KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ASTANAJAPURA – CIREBON

Siti Nabillah, (2024) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ASTANAJAPURA – CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia.

[img] Text
2008110036_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008110036_2_bab1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
2008110036_6_bab5.pdf

Download (45kB)
[img] Text
2008110036_7_dafpus.pdf

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan menulis siswa SMP khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rendahnya keterampilan menulis ini salah satunya disebabkan karena pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Sehingga dapat dirumuskan tujuan penelitian ini adalah 1.) Mengetahui Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam menulis teks berita siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Astanajapura, 2.) Mengetahui Keefektifan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan menulis teks berita siswa SMP Negeri 1 Astanajapura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan desain Quasi ExperimentalDesign dengan Post-test Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Astanajapura dengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan dalam uji homogenitas menggunakan Levence Test, pada uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran PJBL (Project Based lerarning) terhadap kemampuan menulis siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam hasil post-test, hasil uji-t diperoleh sebesar 0,000. Karena nilai signifikan 0,00 kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen (model pembelajara PJBL) dapat berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (keterampilan menulis siswa).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 18 Mar 2025 06:53
Last Modified: 18 Mar 2025 06:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15066

Actions (login required)

View Item View Item